25 radar bogor

Gagal Gelar Piala Dunia U-20, Kerugian Indonesia Rp3,7 Triliun

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Sandiaga Uno. (ist)

BOGOR-RADAR BOGOR, Batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 disesalkan oleh banyak pihak.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga S Uno menaksir kerugian negara akibat batalnya Indonesia menjadi tuan rumah Piala Dunia U20 2023 mencapai minimal Rp3,7 triliun.

Baca Juga: FIFA Tunjuk Argentina Gantikan Indonesia Menggelar Piala Dunia U-20

Sandiaga merinci kerugian tersebut di antaranya sejumlah lapangan yang sudah direnovasi oleh Kementerian PUPR serta Kementerian Pemuda dan Olahraga setidaknya sudah lebih dari Rp500 miliar.

“Target pendapatan berbasis jumlah penonton yang sekitar dua juta dalam pertandingan-pertandingan yang sudah disusun di enam kota itu total lebih dari 2 juta penonton sampai 2,3 juta penonton,” kata Sandiaga, Jumat (31/3).

Belum lagi, jumlah suporter hingga wisatawan manca negara yang diperkirakan datang ke Indonesia sudah lebih dari 50 ribu pengunjung. Kerugian pun secara keseluruhan ditaksir minimal mencapai Rp3,7 triliun.

Sandi menilai selain kerugian yang sangat besar, Indonesia juga melewatkan kesempatan menghelat turnamen berkelas dunia layaknya Piala Dunia di Qatar.

Selain itu, batalnya status sebagai tuan rumah dapat berdampak pada reputasi jangka menengah dan jangka panjang Indonesia yang selama ini sukses mengemban tugas sebagai tuan rumah untuk beberapa acara, seperti Keketuaan ASEAN.

Di sisi lain, ia meyakini Indonesia dapat segera menyelenggarakan kegiatan lainnya agar bisa meminimalisasi kerugian tersebut.

Baca Juga: Gagal jadi Tuan Rumah Piala Dunia U-20, Ridwan Kamil Patah Hati

“Saya sangat kecewa, sangat terpukul dibatalkannya, tapi kita harus tegak, berdiri tegak, tegar. Kita harus berikan semangat, cepat ‘move on‘ untuk bisa mengganti kegiatan yang juga lebih bisa menopang agar kerugiannya tidak maksimal,” pungkasnya. (*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto