25 radar bogor

Catat, Lokasi dan Jadwal Vaksin Polio di Citeureup

Pasien menunggu giliran di Puskesmas Citeureup. (Radar Bogor/ Arif Al Fajar)

CITEUREUP-RADAR BOGOR, Para orang tua di Kecamatan Citeureup yang ingin mendapatkan imunisasi polio bisa mendatangi posyandu. Layanan itu mulai dibuka pada Senin (3/4) mendatang.

Baca Juga: Jadwal dan Lokasi Vaksin Booster di Citeureup, Megamendung, dan Cisarua

Kepala UPT Puskesmas Citeureup dr Nining Sunengsih mengatakan, Pekan Imunisasi Nasional (PIN) Polio itu akan berlangsung hingga Sabtu (8/4) mendatang. Sebanyak lima posyandu disiagakan untuk memberikan vaksin polio.

Nining merincikan, kelima posyandu itu yakni Posyandu Puspanegara, Citeureup, Karang Asem Barat, Karang Asem Timur, dan Puspasari. Para orang tua cukup membawa KMS dan fotocopy KK untuk bisa mendapatkan pelayanan itu secara gratis.

Ia menambahkan, polio adalah penyakit saraf yang dapat menyebabkan kelumpuhan permanen. Penyakit ini disebabkan oleh infeksi virus dan sangat menular, tetapi dapat dicegah dengan melakukan imunisasi polio.

“Polio ini dapat dialami oleh siapa saja. Namun, umumnya menyerang anak usia di bawah lima tahun (balita). Terutama yang belum menjalani imunisasi polio. Jadi datang ke posyandu agar si buah hati tercegah dari polio ini,” ujarnya.

Selain kelumpuhan permanen, tambahnya lagi, polio juga bisa menyebabkan gangguan pada saraf pernapasan. Kondisi ini menyebabkan penderita kesulitan bernapas.

Baca Juga: Cegah Penularan Polio, Dinkes Kota Bogor Bakal Gelar Imunisasi Pekan Depan

Penyebaran virus dapat terjadi melalui kontak langsung dengan tinja penderita polio. Bisa juga melalui konsumsi makanan dan minuman yang telah terkontaminasi virus polio.

“Virus ini juga dapat menyebar melalui percikan air liur ketika penderita batuk atau bersin, tetapi lebih jarang terjadi,” tukasnya.(*)

Berikut jadwal vaksin polio di Citeureup:

1. Posyandu Puspanegara, Senin (3/4)

2. Posyandu Citeureup, Selasa (4/4)

3. Posyandu Karang Asem Barat, Rabu (5/4)

4. Puskesmas Karang Asem Timur, Kamis (31/3)

5. Posyandu Puspasari, Sabtu (8/4)

Reporter: Arif Al Fajar
Editor: Imam Rahmanto