25 radar bogor

Ada Peningkatan Kasus Covid-19, Dinkes Kota Bogor Keluarkan Imbauan Penggunaan Masker 

Dinkes
Aksi Geber Lawan Covid-19 Dinkes Kota Bogor di kawasan Jalan Ir. H.Juanda tepatnya di sekitar kawasan Mal BTM, beberapa waktu lalu.

BOGOR-RADAR BOGOR, Dinkes Kota Bogor mengimbau masyarakat tetap menggunakan masker selama Ramadan dan Idul Fitri 1444 Hijriah ketika berada dalam kerumunan.

Baca Juga : Cegah Penularan Polio, Dinkes Kota Bogor Bakal Gelar Imunisasi Pekan Depan

Sekretaris Dinkes Kota Bogor Erna Nuraena mengatakan, mengacu Inmendagri 53 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Pengendalian Covid-19 pada masa transisi menuju Endemi, Pemerintah masing-masing mendorong masyarakat untuk tetap menggunakan masker dengan benar.

“Terutama empat kondisi yang riskan menyebabkan penyebaran Covid-19 kembali, di antaranya kerumunan,” katanya.

Ia menyebutkan, anjuran menggunakan masker utamanya dalam empat kondisi, yakni ada keadaan kerumunan dan keramaian aktivitas masyarakat, di dalam gedung/ruangan tertutup dan sempit, masyarakat yang bergejala penyakit pernapasan dan masyarakat yang kontak erat dan terkonfirmasi.

“Jadi sebagai bentuk kewaspadaan agar kesehatan selalu terjaga, masyarakat dihimbau tetap memakai masker
Satgas akan bergerak mengacu dari kasus aktif yang ada di Kota Bogor, dan akan menyesuaikan arahan dari Pemerintah Pusat,” tukas dia.

Ia mengajak masyarakat terbuka untuk mengendalikan penularan Covid-19 dengan taat terhadap protokol kesehatan (prokes) dan vaksinasi penguat.

Terpisah, Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim menyebut saat ini memang terjadi peningkatan kasus pasien yang terkonfirmasi Covid-19.

“Jadi Dinkes menilai ada peningkatan jumlah kasus. Jadi lambat laun ada penambahan jumlah kasus Covid-19 di Kota Bogor,” ucap dia.

Berdasarkan catatan Dinkes Kota Bogor, selama empat hari terakhir jumlah kasus positif Covid-19 relatif terkendali namun meninjukan adanya peningkatan.

Pada 27 Maret terdapat 3 kasus positif Covid-19, 28 Maret jumlahnya meningkat menjadi 6 kasus positif, 29 Maret 5 kasus positif, dan terakhir 30 Maret terdapat 7 kasus warga Kota Bogor yang terkonfirmasi Covid-19.

Atas kondisi tersebut, Dedie meminta agar masyarakat lebih waspada untuk kegiatan kerumunan khususnya di ruang tertutup sebagaimana arahan Presiden Joko Widodo, menyarankan untuk memakai masker.

Baca Juga : Tiga Pasien Positif Covid-19 Kraken Ditemukan di Jakarta

“Kemudian bagi mereka yang berada di kegiatan di luar ruangan, meskipun kelihatan relatif aman, tetap jaga jarak harus diperhatikan. Itu aja intinya karena ada indikasi peningkatan kasus Covid-19 di Kota Bogor,” imbuh dia.

Dedie tak ingin jumlah kasus Covid-19 meledak kembali dan pada akhirnya tidak dapat merayakan Idul Fitri. “Makanya di kegiatan Ramadan kita harus lebih waspada,” tukas dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep