25 radar bogor

Usai Lebaran, Lanjutan Proyek Masjid Agung Baru Dilelang

Jemaah menjalankan ibadah salat tarawih di Masjid Agung Kota Bogor. Tahun ini, lanjutan pembangunan akan dikebut. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bakal melanjutkan proses pembangunan Masjid Agung Kota Bogor pada tahun 2023. Tahun ini, Pemkot mengalokasikan anggaran sebesar Rp36 miliar.

Tahun ini menjadi tahapan terakhir penyelesaian pembangunan Masjid Agung Kota Bogor, yang sudah dikerjakan sejak 2016 silam.

Baca Juga: Ratusan Warga Kota Bogor Tarawih Pertama di Masjid Agung

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor Rena Da Frina menargetkan, lelang proyek Masjid Agung Kota Bogor untuk tahun anggaran 2023 akan dilakukan setelah Idulfitri. Itu agar lebih cepat dikerjakan sehingga lebih cepat rampung pada akhir tahun.

“Target kita (masuk lelang) habis Lebaran itu. Kita segera mulai selesaikan, nggak mau tunda-tunda, biar cepat selesai,” kata Rena, baru-baru ini.

Saat ini, sambung dia, tahapannya masih ada revisi pada perencanaan. Lantaran ada beberapa atensi dari pimpinan terkait mengkoneksikan Masjid Agung dengan Alun-Alun Kota Bogor dan Blok F Pasar Kebonkl Kembang.

“Bukan sky brigde sih bentuknya, cuma lebih kepada akses. Jadi ada tambahan, kita lakukan penyesuaian saja dan masih dibahas bersama inspektorat. RAB (Rencana Anggaran Biaya, red)-nya kita bedah satu-satu, baru nanti kami persiapkan untuk lelang,” ujar Rena.

Meskipun ada perubahan dalam perencanaan, ia memastikan alokasi yang dianggarkan tetap alias tidak berubah. Pihaknya juga sudah merampungkan survei terkait pemasangan menara pada Masjid Agung Kota Bogor.

“(Alokasi) tidak berubah. Tapi kami sesuaikan saja karena ada atensi dari pimpinan soal akses tadi. Intinya kami baru pemberkasan untuk lelang, siapkan KAK (Kerangka Acuan Kerja, red), RAB dan lainnya,” ucap mantan camat Bogor Timur itu.

Diketahui, Masjid Agung Kota Bogor sudah bisa digunakan kembali setelah proses pembangunannya sempat mangkrak beberapa tahun. Sejak akhir tahun 2022, Masjid yang berada dekat Pasar Anyar tersebut telah dibuka dan dapat digunakan untuk beribadah.

Baca Juga: Masjid Agung Siap Gelar Salat Tarawih Perdana, Jemaah Diimbau Bawa Sajadah 

Wali Kota Bogor Bima Arya memastikan penyempurnaan Masjid Agung akan dilanjut pada tahun 2023 dengan anggaran Rp36 miliar.

Masjid Agung Kota Bogor akan terintegrasi dengan Blok F, Alun-alun Kota Bogor, fasilitas menara, penataan interior dan sebagainya. Setelah pembangunan Masjid Agung ini tuntas, seluruh sudut luar area masjid bisa terlihat dari berbagai sisi.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto