25 radar bogor

Sektor Pariwisata Terdampak Pergerakan Tanah, Ini Tuntutan Pelaku Usaha

dampak Pergerakan tanah

SUKAMAKMUR-RADAR BOGOR, Bencana alam pergerakan tanah di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamamur, Kabupaten Bogor, berdampak pada sektor pariwisata.

Baca Juga : Maksa Lewat Jalan Terdampak Pergerakan Tanah, Satu Mobil Masuk Jurang

Hal itu sudah terasa sejak Kamis (30/3/2023). Akibat jalan yang retak terdampak pergerakan tanah, lokasi wisata sepi pengunjung.

“Jelas berdampak. Sudah beberapa hari ini tidak ada yang datang berkunjung karena jalan retak,” ujar pengelola wisata Curug Cipamingkis Deden kepada Radar Bogor, Kamis (30/3/2023).

Deden meminta agar Pemkab Bogor segera turun tangan, dan memberikan solusi bagi para pelaku usaha pariwisata di Kecamatan Sukamamur yang terdampak pergerakan tanah.

“Kalau dari kami, tentu harapannya pemerintah terkait khususnya Pemkab Bogor segera berupaya mencari solusinya. Karena, jalan umum itu juga alternatif menuju ke Cipanas Cianjur yang harus pemerintah serius menanganinya,” harapnya.

Baca Juga : Dampak Pergerakan Tanah di Sukamakmur, Perekonomian Warga Terganggu

Hal senada dikatakan pengelola wisata Villa khayangan, Arifin. Kepada Radar Bogor, ia meminta agar jalan retak akibat pergerakan tanah segera diperbaiki. “Sebelum libur lebaran kami harap sudah bisa dilalui kendaraan,” pintanya.

Kata dia, selama ini kawasan wisata di Sukamamur merupakan salah satu wisata alternatif yang mampu memecah wisatawan agar tidak menumpuk di kawasan Puncak. “Jadi harapannya tolong segera diperbaiki,” harapnya. (all)

Reporter : Arifal
Editor : Yosep