25 radar bogor

Dokter Rayendra Berbagi Tips Merawat Kulit Sehat di Bulan Ramadan

Dokter Raendi Rayendra berbagi tips tentang cara merawat kesehatan kulit di bulan suci Ramadan. (dok pribadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Dokter Raendi Rayendra berbagi tips tentang cara merawat kesehatan kulit di bulan suci Ramadan. Dengan menjaga asupan, kulit tampak lebih cerah saat lebaran Idulfitri nanti.

Menurut Owner Rayendra Dermatology & Aesthetic Center ini, pada prinsipnya jumlah cairan yang dibutuhkan tubuh saat ramadan sama seperti hari-hari lainnya.

“Kita harus minum air kurang lebih 2 liter per hari. Artinya, kurang lebih 8 gelas per hari. Saat sahur dan berbuka kita harus mencukupi asupan air terlebih dahulu,” ucap dokter spesialis kulit ini.

Baca Juga: Dokter Rayendra Launching Pesantren Sehat di Hari Ulang Tahunnya

Selain itu, lanjut Dokter Rayendra, makan buah-buahan dan sayur-sayuran sangat penting karena memberikan nutrisi yang cukup dan bisa melembabkan kulit.

Namun, ada beberapa tips lain yang bisa dilakukan untuk menjaga kesehatan kulit selama Ramadan. Dokter Rayendra menyarankan untuk menghindari mandi menggunakan air terlalu hangat dan sabun mandi antiseptik yang dapat membuat kulit kering.

“Selain itu, selalu gunakan pelembab atau moisturizer yang tidak wangi dan mengandung ceramide agar kulit tetap terjaga kelembabannya,” papar alumni Universitas Padjajaran (Unpad) ini.

Dengan menjaga asupan cairan dan merawat kulit dengan benar selama Ramadan, kata Dokter Rayendra, diharapkan kulit bisa tetap terjaga kelembabannya dan tampak lebih glowing serta sehat menjelang Idul Fitri nanti. (*)

Editor: Imam Rahmanto