25 radar bogor

Bogor Inovation Award Kembali Bergulir, Hadiah Jutaan Rupiah

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota Bogor kembali menggelar Bogor Inovation Award (BIA) 2023. Ajang perlombaan karya cipta inovasi ini dibuka pada Kamis (30/3) di Balai Kota Bogor.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Bogor, Rudy Mashudi mengatakan di tahun ini BIA mengangkat tema “Pemantapan Daya Saing Deerah melalui Penguatan Ekosistem Inovasi”.

Baca Juga: Inspiratif! Alumni Polbangtan Bogor Ini Sukses Beternak Kambing dan Domba

Rudy memaparkan, akan ada 10 kategori bidang lomba yakni kategori energi terbarukan, pangan dan agribisnis, teknologi informasi dan komunikasi, air minum, kebersihan dan pengembangan hidup, transportasi ramah lingkungan,pendidikan, kerajinan rumah tangga, sosial, ekonomi hijau, serta kesehatan dan obat obatan.

Dalam BIA 2023, Pemkot Bogor membuka 5 kategori peserta di antaranya SMP sederajat, SMA sederajat, Perguruan Tinggi, lembaga pelaku usaha, masyarakat, serta Aaratur Sipil Negara (ASN).

“Ajang ini akan menunjang indeks goverment awards. Di tahun 2022 Kota Bogor berhasil meraih angka sebesar 56,77 hanya sedikit berada di bawah kota terinovatif,” ucapnya.

Pendaftaran akan dibuka pada 30 Maret-31 Mei 2023, dilanjutkan seleksi administrasi pada 1 Juni-16 Juni 2023. Lalu, tahap validasi lapangan 19 Juni-14 Juli 2023.

Selanjutnya para peserta akan presentasi di depan 5 juri pada 17 Juli – 31 Juli 2023. Ditutup dengan pengumuman pemenang yang akan diselenggraakan bulan Agustus.

Para juara di masing-masing kategori akan mendapatkan hadiah Rp10 juta untuk juara pertama, Rp7,5 juara kedua, dan Rp5 juta untuk juara ketiga. Sementara itu pemenang harapan pertama meraih Rp4 juta, harapan kedua sebesar Rp3 juta, dan harapan ketiga senilai Rp2 juta.

“Para pemenang juga akan difasilitasi untuk Hak Kekayaan Inteketual (HAKI) dan diharapkan menjadi Duta Inovasi Kota Bogor,” imbuh Rudy.

Wali Kota Bogor, Bima Arya mengapresiasi ajang BIA yang kembali digulirkan. Ia menilai kompetisinini dapat menumbuhkan budaya berpikir di tengah masyarakat. Namun ia berharap gelaran BIA dapat terus berjalan dengan berkelanjutan bukan sekadar seremoni saja.

Baca Juga: Komisi X DPR Soroti Kasus Pembacokan Pelajar di Kota Bogor, Pelaku Belum Tertangkap 

“Temanya sudah sesuai dengan tangtangan ke depan yaitu green economy, energi terbarukan, dan IT. Bidang ini memang menjadi tantangan yang harus dikreasikan dengan inovasi warga Kota Bogor. Oleh karena itu harus berkelanjutan dan bisa membangun ekosistem yang konsisten. Perjalanannya para pemenang harus jelas,” tutur Bima.(*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto