25 radar bogor

Antisipasi Lakalantas Mudik Lebaran, Dishub Inspeksi Pool Bus

Petugas Dishub Bogor menguji kelayakan atau ramp check di pool bus, Sukaraja, Kamis (30/3). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

SUKARAJA-RADAR BOGOR, Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Bogor melakukan inspeksi angkutan jalan di sejumlah pool bus, Kamis (30/3). Hal itu untuk meminimalisir angka kecelakaan selama musim mudik lebaran 2023.

Uji kelayakan atau ramp check dilakukan di salah satu pool bus di wilayah Sukaraja, bersama dengan Satlantas Polres Bogor, TNI dan Dishub Provinsi Jawa Barat.

Baca Juga: Tips Aman Naik Kereta Api Selama Mudik Lebaran

Kepala Bidang Sarana Transportasi Jalan Dishub Kabupaten Bogor, Risnandar menjelaskan, dari hasil pemeriksaan tersebut ditemukan 2 dari 14 unit bus tidak layak beroperasi.

“Oleh karena itu kami menyarankan untuk tidak dioperasionalkan terlebih dahulu dan perbaiki terkait dengan kekurangan hasil pemeriksaan uji kelayakan kendaraan,” ungkapnya.

Petugas menekankan kepada pengelola bus tersebut untuk segera memperbaiki kekurangan dari hasil pemeriksaan, jika ingin dapat beroperasi.

Dalam inspeksinya, petugas melakukan pemeriksaan administrasi seperti surat Uji KIR, dan juga kartu pengawasan atau trayek.

“Di samping administrasi kita juga melakukan pemeriksaan secara teknis dan layak jalan kendaraan bermotor, namun dilaksanakan dengan kasat mata atau secara manual,” jelas Risnandar.

Menurutnya, kegiatan ini merupakan satu dari 14 kegiatan yang terjadwal baik sebelum maupun sesudah lebaran 2023.

“Kita sudah punya jadwal untuk melaksanakan kegiatan seperti ini, baik di pool-pool, terminal kemudian di tempat-tempat wisata, dalam rangka penyelenggaran angkutan lebaran 2023,” ucapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Unit Laka Sat Lantas Polres Bogor Ipda Angga Nugraha menuturkan, angkutan bus dan sejenisnya berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas menonjol (lakajol).

Baca Juga: Cek Ratusan Kendaraan Dinas, Polres Bogor Siap Amankan Mudik Lebaran 2023

“Karena membawa penumpang yang cukup banyak sehingga kita harus benar-benar bersinergi, dengan rekan-rekan instansi terkait untuk mencegah terjadinya laka lantas,” tandasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto