25 radar bogor

Target Rampung Juni, Huntap Desa Nanggung Mulai Dikebut

Pembangunan huntap yang mulai dilaksanakan di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung, Bogor. (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

NANGGUNG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor telah merealisasikan pembangunan hunian tetap (huntap) bagi korban bencana Januari 2020 lalu.

Pembangunan huntap sedang berlangsung berada di Desa Nanggung, Kecamatan Nanggung yang sekaligus menjadi salah satu percontohan.

Baca Juga: Ratusan Huntap di Bogor Belum Bisa Dihuni, Ini Alasannya

Ketua Kelompok masyarakat (Pokmas) Pembangunan Huntap Desa Nanggung, Yusep, mengatakan pembangunan sedang dalam proses pengerjaan secara berkala. Ia pun berharap kualitasnya menjadi percontohan.

“Untuk huntap yang telah berjalan, pembangunan sebanyak 14 unit rumah untuk warga Kampung Kebon Awi,” ucapnya.

Yusep menambahan, pembangunan merupakan tindak lanjut yang dilakukan pada pelaksanaan cut and fill atau pemerataan lahan sejak 2022 lalu. Menurutnya, huntap sudah lama dinantikan masyarakat.

“Semoga target Juni 2023 bisa selesai karena relokasi dibangun sebagai kawasan permukiman baru bagi warga korban bencana alam,” ungkapnya.

Sementara itu, anggota Pokmas Pembangunan Huntap RW 02 Amung mengungkapkan, total ada 82 hunian tetap dibangun di wilayah Kampung Kebon Awi RW 02 dan Kampung Pasir Peuteuy RW 06.

Baca Juga: Nelangsa Korban Bencana, Tiga Tahun Huntap Belum Rampung, Manfaatkan Sisa Ladang untuk Bertani

“Secara berkala pembangunan huntap dimulai di Kampung Kebon Awi, kemudian huntap akan dilanjutkan di Kampung Pasir Peuteuy,” tandas Amung.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto