25 radar bogor

Lima Pemain dengan 10 Assist dan 10 Gol di Eropa, Ada Duo PSG

Psg
Pemain PSG, Lionel Messi

RADAR BOGOR, Kompetisi musim 2022/2023 menjadi salah satu musim paling kompetitif sejauh ini. Setiap gelar liga sedang diperebutkan, dan sejauh ini hanya ada sedikit pemimpin yang lolos, kecuali Napoli yang unggul 19 poin atas Lazio yang berada di posisi kedua.

Kompetisi ketat seperti itu hanya mungkin terjadi karena tim memiliki skor tinggi plus penyerang dengan kualitas terbaik.

Selama 15 tahun terakhir, Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo telah mencetak banyak gol dan membuat assist secara konsisten selama satu musim.

Namun, mencetak lebih dari 10 gol dan memberikan lebih dari 10 assist dalam satu musim merupakan prestasi yang luar biasa.

Baca Juga : Klub Liga Arab Saudi ‘Menggila’, Giliran Messi Ditawar Rp5,3 Triliun

Sebagai catatan, mari kita lihat lima pemain dengan 10+ gol dan 10+ assist sejauh musim ini.

Catatan: Hanya pemain dari lima liga top Eropa yang dipertimbangkan.

5. Randal Kolo Muani (11 gol, 10 assist)

 

Randal Kolo Muani, meski bermain untuk tim urutan keenam Bundesliga Eintracht Frankfurt, telah berfungsi di level elite musim ini.

Bintang Prancis, tidak seperti banyak striker modern, adalah paket lengkap di sepertiga akhir lapangan. Ini pada dasarnya bahwa tugas utamanya adalah mencetak gol.

Muani juga unggul dalam seni memberikan assist. Pengambilan keputusannya di area serangan utama adalah alasan besar di balik hal yang sama. Sementara sebagian besar penyerang tengah didorong untuk menjadi egois dan melakukan tembakan ke gawang, pemain andalan Frankfurt ini menyadari kapan harus melakukannya dan kapan harus mengoper ke rekan setimnya.

Hal itu membuat Muani mencatatkan 11 gol dan 10 assist hanya dalam 24 pertandingan Bundesliga sejauh ini. Meskipun dia belum meningkatkan aspek lain dari permainannya (seperti menahan bola misalnya), pemain berusia 24 tahun ini hanya akan menjadi lebih baik di tahun-tahun mendatang. Satu-satunya penyerang tengah dalam daftar ini, pemain Prancis itu memiliki masa depan yang cerah dan dapat mengamankan transfer uang besar musim panas ini.

4. Bukayo Saka (12 gol, 10 assist)

Bukayo Saka bisa dibilang menjadi pemain Inggris terbaik di dunia sepak bola musim ini, meski ada persaingan ketat untuk status itu.

Pemain sayap kanan ini semakin kuat di bawah asuhan Mikel Arteta dan sekarang menjadi salah satu pemain sayap paling dicari dalam permainan. Posisinya di bagian tengah lapangan dan kecepatan kerja tanpa bola sangat bagus musim ini.

Meskipun ini adalah ciri utama di antara sebagian besar penyerang Arsenal saat ini, Saka juga memiliki keunggulan di dalam dan sekitar kotak penalti.

Pemain asal Inggris itu tidak takut mengambil tembakan jarak jauh dan itu bisa dimengerti. Keakuratan Saka dalam menendang bola dari jarak jauh patut dicontoh musim ini.

Demikian pula kemampuannya untuk berlari ke arah pemain bertahan di dalam kotak penalti dan mencetak gol sangat sempurna. Pada saat yang sama, pemain sayap ini telah mempertahankan assist satu sentuhan yang kreatif, dan umpan silang yang mengancam ke dalam kotak penalti.

Karena itu, tidak mengherankan jika Saka telah mencatatkan 12 gol dan 10 assist dalam 28 pertandingan Liga Premier musim ini. Saka bisa dinobatkan sebagai Pemain Terbaik Liga Premier Musim Ini, terutama jika Arsenal melanjutkan performa mereka untuk memenangkan gelar liga.

3.Khvicha Kvaratskhelia (12 gol, 10 assist)

Nama Khvicha Kvaratskhelia mungkin sulit diucapkan, tetapi pemain internasional Georgia itu telah membuat sepak bola Serie A terlihat terlalu mudah musim ini.

Napoli mengontrak pemain sayap itu dari Dinamo Batumi pada awal musim dan hanya membutuhkan sedikit waktu baginya untuk menginjakkan kakinya di sepak bola Italia. Kvaratskhelia, selain keterampilannya yang mempesona dan kecepatannya yang sensasional, juga memiliki disiplin yang luar biasa dalam permainannya. Dia berkontribusi sangat besar dalam pertahanan, tetapi juga menjadi bagian dari serangan.

Dia bisa melewati bek dengan mudah, tetapi juga memiliki pikiran yang sehat untuk memberikan umpan yang tepat atau menyelesaikan gerakan secara efektif dan efisien.

Bersama Victor Osimhen, sang penyerang menjadi andalan utama tim yang bermarkas di Naples tersebut.

Dengan 12 gol dan 10 assist dalam 23 pertandingan Serie A, Napoli tampaknya akan memenangkan gelar Serie A pertama mereka dalam lebih dari tiga decade. Dan, Kvaratskhelia bisa turun dalam cerita rakyat klub jika dia melanjutkan performanya saat ini.

2.Neymar (13 gol, 11 assist)

Neymar, sejak meninggalkan Barcelona pada 2017 dengan biaya transfer yang sangat besar, belum mampu memenuhi harapan tersebut.

Pemain Brasil itu diharapkan membantu Paris Saint-Germain meraih trofi Liga Champions pertama mereka, penantian yang akan berlanjut hingga musim depan. Namun, salah jika mengatakan bahwa pemain Amerika Selatan itu tidak berkontribusi pada kesuksesan klubnya di liga selama lima tahun terakhir.

Sementara klub memiliki beberapa bintang untuk melakukan hal yang sama, Neymar telah memberikan kontribusi yang konsisten di lini depan timnya.

Dia masih unggul dalam menggiring bola melewati bek dengan tipuannya, dan visinya pada bola tetap menjadi salah satu yang terbaik dalam bisnis ini. Performanya di depan gawang juga sangat bagus musim ini, di mana dia telah mencetak 13 gol dan 11 assist dalam 20 pertandingan Ligue 1 sejauh ini.

Sementara dia cedera saat ini, pemain berusia 31 tahun itu sekali lagi mengakhiri penampilan liga yang bagus musim ini. Namun, pemilik klub Qatar mungkin berpendapat bahwa tanpa keberhasilan Eropa, transfer Neymar telah gagal sejauh ini.

1. Lionel Messi (13 gol, 13 assist

Lionel Messi dengan nyaman dapat mengatakan bahwa 2022 adalah tahun terbaiknya di sepak bola internasional, tetapi kampanye domestiknya juga tidak terlalu buruk.

 

Sementara PSG tersingkir dari Liga Champions di babak 16 besar, mereka berada di jalur yang tepat untuk memenangkan gelar Ligue 1 musim ini. Messi jelas menjadi kunci dalam proses ini, di mana pemain Argentina itu telah mencetak 13 gol dan membuat 13 assist dalam 23 pertandingan Ligue 1 sejauh musim ini.

Karena itu, prestasi mencetak golnya menyamai kemampuan menciptakan peluangnya, sesuatu yang sangat umum bagi maestro kecil selama dekade terakhir.

Meski bermain bersama beberapa nama besar, tak menyulitkan peluangnya untuk mencatatkan angka tersebut. Penampilannya masih luar biasa musim ini. Karena itu, meski berusia 35 tahun, Messi adalah salah satu pemain terbaik di Ligue 1 saat ini. (jpc)

Editor : Ruri Ariatullah