25 radar bogor

Juni, Rest Area Gunung Mas Puncak Bakal Beroperasi

Suasana Rest Area Gunung Mas, Cisarua, Kabupaten Bogor, beberapa waktu lalu. (Dok/Radar Bogor/ Hendi Novian)

CISARUA –RADAR BOGOR, Pemkab Bogor tengah mematangkan persiapan operasional Rest Area Gunung Mas Puncak. Rencananya, rest area yang akan menampung para Pedagang Kaki Lima (PKL) di wilayah Puncak bakal beroperasi pada Juni 2023 ini.

Baca Juga: Hotel Mangkrak, Sayaga Wisata Bakal Kelola Rest Area Gunung Mas

“Kita matangkan persiapan siapa berbuat apa, supaya rest area ini bisa segera dioperasionalkan,” tegas Plt. Bupati Bogor, Iwan Setiawan, Rabu (29/3).

Iwan berharap, rest area Puncak ini nantinya bisa memfasilitasi PKL khususnya yang ada di sekitar Puncak.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disdagin) Kabupaten Bogor, Entis Sutisna menerangkan, pembangunan rest area tersebut telah dilakukan sejak tahun 2020-2021.

Pembangunan kios tahap satu dilakukan pada tahun 2020 dan tahap dua dilakukan tahun 2021, serta pemagaran kawasan rest area dan pembangunan monumen rest area.

“Kami telah membangun 516 kios di kawasan rest area tersebut, tahap 1 sebanyak 448 kios dan tahap 2 sebanyak 68 kios dengan dua tipe yakni tipe kios kering dan kios basah. Mudah-mudahan Juni nanti rest area ini bisa operasionalkan,” harapnya.

Untuk diketahui, pembangunan Rest Area Gunung Mas dilakukan secara kolaborasi antara Pemkab Bogor, Direktorat Jenderal Cipta Karya dan Direktorat Jenderal Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat.

Baca Juga: Relokasi PKL ke Rest Area Gunung Mas Puncak Molor

Pembangunan sarana dan prasarana rest area dilakukan oleh Kemen PUPR melalui Ditjen Cipta Karya, kemudian pelaksanaan pembangunan jalan lingkar pada kawasan rest area oleh Kemen PUPR melalui Ditjen Bina Marga. Sementara pembangunan kios dilakukan oleh Pemkab Bogor.

Saat ini Pemkab Bogor terus melakukan persiapan operasional rest area dengan melengkapi kekurangan seperti serah terima aset dan lainnya sebelum diresmikan dan dioperasionalkan.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto