25 radar bogor

Gara-gara Ini, Indomaret Diminta Tak Buka 24 Jam Selama Ramadan

Komisi IV DPRD Kota Bogor menggelar audiensi dengan pihak Indomaret, Rabu (29/3). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Keberadaan minimarket Indomaret yang buka 24 jam di Kota Bogor belakangan banyak dikeluhkan oleh warga. Sebab, para pelaku tawuran di bulan Ramadan atau disebut perang sarung menjadikan gerai Indomaret yang buka 24 jam sebagai titik kumpul.

Komisi IV DPRD Kota Bogor pun memanggil pihak Indomaret untuk melakukan audiensi, Rabu (29/3). Ketua komisi IV DPRD Kota Bogor, Akhmad Saeful Bakhri merekomendasikan agar 10 gerai Indomaret yang buka selama 24 jam ini agar membatasi jam operasional selama Ramadan.

Baca Juga: Perampokan di Minimarket Cibinong, Awalnya Pura-pura jadi Pembeli

“Jadi berdasarkan aduan warga dan hasil pemetaan potensi kerawanan yang ada. Kami minta agar gerai yang buka 24 jam dibatasi dulu operasionalnya,” kata Saeful.

Lebih lanjut, Komisi IV turut membahas masalah ketenagakerjaaan. ASB, sapaannya, membeberkan data yang ia peroleh dari pihak Indomaret.

Dari 177 gerai Indomaret yang tersebar di Kota Bogor, telah mempekerjakan 1.219 karyawan. Itu meliputi 778 orang warga berdomisili Kota Bogor dan 441 orang berdomisili di luar Kota Bogor.

Dengan data tersebut, Komisi IV DPRD Kota Bogor meminta kepada pihak Indomaret agar bisa menjalin kerja sama dengan Disnaker Kota Bogor terkait perekrutan tenaga kerja.

“Kita berharap karyawan yang nantinya bekerja di Indomaret memiliki skil yg sesuai standar perusahaan. Mereka adalah warga dan lulusan dari balai latihan kerja milik Disnaker Kota Bogor. Oleh karena itu, Disnaker dan Pihak Manajemen harus satu frekuensi membuat materi pelatihan sesuai standarisasi kualifikasi yang diinginkan,” tekannya.

Komisi IV juga merekomendasikan agar produk-produk UMKM yang berasal dari pelaku UMKM Kota Bogor bisa dijajakan di gerai-gerai Indomaret.

Baca Juga: Akibat Angin Kencang, Kanopi Minimarket Di Cibinong Ambruk

Legal Corporation, Rudi Rio menyambut positif rekomendasi dan masukan yang disampaikan oleh para legislator itu. Ia berharap dengan adanya audiensi, kemitraan yang terjalin antara pemerintah bisa lebih baik lagi.

“Tentu ini adalah masukan yang baik dan audiensi yang baik bagi kami. Sehingga kedepannya kami berharap bisa terus menjalin kolaborasi yang lebih baik lagi,” tukas dia.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto