25 radar bogor

Cianjur Kembali Diguncang Gempa Tektonik, Segini Kekuatannya

Ilustrasi gempa Bogor
Ilustrasi gempa Sumedang

CIANJUR-RADAR BOGOR, Wilayah Cianjur dan sekitarnya kembali diguncang gempa bumi tektonik, Rabu (29/3/2023) pukul 12:34:44 WIB. Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa, gempa bumi ini berkekuatan M=4,0.

Baca Juga : Cianjur Diterjang Banjir, Tenda Pengungsi Hanyut Terbawa Arus

Episenter terletak pada koordinat 6.84 LS dan 107.08 BT, atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 6 km BaratDaya Kabupaten Cianjur, pada kedalaman 10 km.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal akibat aktivitas aktivitas sesar Cugenang .

Dampak gempa bumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, dirasakan di wilayah Cianjur, Sukabumi, Warungkondang, Cibeber, Cugenang dan Bogor dengan Skala Intensitas III – IV MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah, terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

Kemudian, di Sukaresmi, Sabandar, Cibodas, Cipanas, dan Rancagoong dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu). Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempabumi tersebut.

Berdasarkan hasil pengamatan BMKG, sejak 21 November 2022 hingga Rabu 29 Maret 2023 pukul 12:55 WIB telah terjadi gempa bumi di wilayah Cianjur sebanyak 534 kali.

Baca Juga : Cianjur Dikepung Banjir : Terjang Perkampungan, Rumah Jebol

“Kepada masyarakat dihimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ujar Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Hartanto dalam keterangan tertulisnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @bmkgwilayah2 atau @infoBMKG), website (http://balai2.bmkg.go.id/ atau http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id).), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg atau infobmkg. (ysp)

Editor : Yosep