25 radar bogor

Ahmad Dhani Larang Once Mekel Nyanyikan Lagu Dewa 19, Ini Alasannya

JAKARTA-RADAR BOGOR, Musisi Ahmad Dhani membuat pengumuman yang secara tegas melarang Once Mekel membawakan lagu-lagu Dewa 19. Sebagian orang mungkin akan menduga ini ada kaitannya dengan Once yang tidak mau membayar royalti ke Dhani.

Padahal tidak ada keterkaitan sama sekali. Sekedar informasi, Ahmad Dhani dalam sebuah wawancara bersama Desta dan Vincent sempat menyatakan Once tidak mau membayar royalti kepada dirinya. Sedangkan penyanyi lain seperti Judika, Ari Lasso, hingga Reza Artamevia mau membayar dengan adanya kesepakatan yang dia sebut sebagai gentlemen’s agreement.

Baca Juga:Konser Dewa 19 Sukses, Bubaran Penonton Keluar JIS Kacau

“Dia (Once) bawain tapi nggak mau bayar,” kata Ahmad Dhani kala itu. Lagu Dewa 19 Konteks Ahmad Dhani meminta secara langsung royalti kepada sejumlah musisi yang membawakan lagu-lagunya bukan tanpa sebab. Mengingat pada saat itu dia memutuskan keluar dari WAMI, salah satu Lembaga Manajemen Kolektif (LMK) di tanah air dan tidak bergabung dengan LMK mana pun.

Tidak bergabung dengan LMK, secara aturan perundang-undangan, Ahmad Dhani tidak mungkin mendapatkan royalti. Karena salah satu syarat mendapatkan royalti harus bergabung dengan LMK. Dhani pun berinisiatif meminta royalti secara  kepada sejumlah musisi yang membawakan lagu-lagunya bukan tanpa sebab.

LMKN yang bertugas mengumpulkan royalti dari orang-orang yang memakai karya berhak cipta dan membagikannya ke pemilik hak cipta. Besarannya sudah diatur. Kalau show itu aturannya dua persen dari tiket yang terjual. Kalau tidak ada tiket yang terjual, berarti 2 persen dari biaya produksi,” jelasnya.

Once menilai sebenarnya bisa saja ada kesepakatan di luar aturan hukum. Misalnya adanya kesepakatan antara pemilik hak cipta lagu dengan penyanyi yang membawakannya.

Namun dalam hal ini, Once sepertinya cukup keberatan karena yang berkewajiban membayarkan royalti lagu bukan penyanyinya, melainkan pemilik acara atau EO. “Yang membayar royalti itu bukan penyanyinya tapi EO,” katanya.

Ahmad Dhani Kembali ke WAMI

Musisi Ahmad Dhani memang sempat keluar dari LMK WAMI. Namun di awal tahun ini suami Mulan Jameela itu memutuskan kembali bergabung dengan WAMI. Dia memasrahkan permasalahan royalti atas karya-karyanya diurusi oleh LMKN yang kemudian didistribusikan ke LMK-LMK. Setelah itu, mereka kemudian mendistribusikannya kepada pemilik hak yang tergabung menjadi anggota LMK.

Ahmad Dhani menekankan harus ada perizinan atau pemberitahuan ke WAMI bagi musisi profesional yang akan menggunakan karyanya. “Kalau ada artis nasional yang diundang oleh kafe, EO tersebut wajib meminta izin kepada WAMI,”kata Dhani saat sudah memutuskan kembali ke WAMI. Ditegaskan Ahmad Dhani, dirinya dengan Once tidak ada masalah pribadi apa pun.

Baca Juga: Kolaborasi dengan Ahmad Dhani, Hanin Dhiya Tutup 2021 dengan Manis

Dia melarang Once membawakan lagu Dewa 19 karena sepanjang tahun ini Dewa 19 memiliki banyak sekali jadwal manggung. Dhani mengaku, jadwal manggung Dewa 19 dalam satu minggu dua kali dan sudah full sampai Desember 2023 mendatang.

“Saya nggak mau Once menyanyikan lagu Dewa itu karena mengganggu konser Dewa. Kita mau memberikan privilege ke EO. Hanya EO konser Dewa 19 yang bisa mempersembahkan lagu-lagu Dewa 19,” kata Dhani di bilangan Pluit Jakarta Utara Selasa (28/3). Kendati melarang lagu-lagu Dewa 19 dibawakan oleh Once, Dhani menegaskan Once tetap dapat menyanyikan lagu-lagu karyanya di luar Dewa 19. (jp)