25 radar bogor

 Waswas dengan Kondisi Underpass Sholis, Warga: Bikin Celaka!

Underpass Sholis
Underpass Sholis ditutup sebagian mulai Senin (29/5/2023) karena ada pekerjaan perbaikan. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Kondisi Underpass Sholis kian dikeluhkan masyarakat. Sambungan jalan yang ditutupi plat besi itu, semakin rusak dan mengkhawatirkan.

Baca Juga : Underpass Sholis Diperbaiki Bulan Ini, Lalu Lintas Ditutup Sebagian

Rusaknya lajur tersebut, bahkan beberapa kali menimbulkan kecelakaan lalu lintas bagi pengendara roda dua. Kondisi ini pun semakin membuat masyarakat waswas dan meminta pemerintah untuk segera memberikan penanganan.

Seperti yang diungkapkan Ridwan pada Selasa (28/3/2023), ia berpendapat cekungan yang cukup dalam di area sambungan saluran air Underpass Sholis hampir membuatnya kecelakaan. Pencahayaan yang kurang dan tingginya kecepatan kendaraan di lajur tersebut, semakin berpotensi membawa celaka bagi pengendara.

“Sekira pukul 23.00 WIB saya lewat sana hampir celaka. Lubang dan cekungannya itu cukup dalam dan membuat saya syok. Itu juga mengakibatkan benturan keras pasa motor saya,” tuturnya.

Keluhan yang sama juga diutarakan Septi, salah seorang pengguna jalan. Kondisi sambungan yang kian memperihatinkan membuatnya khawatir akses lajur Underpass Sholis tersebut amblas. Oleh karena itu, dirinya meminta agar pemerintah dapat segera mengambil langkah cepat menangani kerusakan tersebut.

Perbaikan pada plat besi penutup saluran memang acap dilakukan, namun kerusakan terus terjadi secara berulang dan belum menyelesaikan masalah yang dikeluhkan pengguna jalan.

Akses Jalan Underpass Sholis sebetulnya sudah dijanjikan akan diperbaiki pada bulan Maret ini. Kala itu, Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) DKIJakarta-Jawa Barat bersama Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A Rachim menggelar audiensi membahas perencanaan pemugaran di Balaikota Bogor Januari lalu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BBPJN 5.2 DKI Jakarta-Jawa Barat, Adrianto Putra Prasetyo mengatakan kepada Radar Bogor pada Rabu (8/3/2023) lalu sambungan besi tersebut nantinya akan diganti dengan box beton kemudian ditutup kembali dengan beton.

Namun saat itu, Adrianto belum dapat memastikan waktu pasti dimulainya pekerjaan tersebut. “Sementara kami masih menunggu finalisasi desain dari Perencanaan dan Pengawasan Jalan Nasional) P2JN Jawa Barat. Jadi kami belum bisa proses tendering,” kilahnya.

Ia menjelaskan bahwa perbaikan dilaksanakan secara bertahap. Pihaknya akan memperbaiki sebagian lajur terlebih dahulu secara paralel dengan ruas jalan sebelahnya. Akibatnya akan ada penutupan sebagian ruas lajur. Dirinya memprediksi penutupan akan berlangsung selama 2-3 minggu di setiap sisinya.

Baca Juga : Sambungan Underpass Sholis Bahayakan Pengendara, Minta PUPR Segera Perbaiki 

“Saat pertemuan dengan Pemerintah Kota beberapa waktu lalu, kami sudah berkoordinasi dengan Wakil Wali Kota, Dinas Perhubungan, dan Dinas PUPR mengenai rencana ini. Tidak akan ditutup total melainkan sebagian jalan saja,” jelasnya.

Namun hingga memasuki akhir Bulan Maret 2023 belum juga ada intervensi yang dilakukan oleh pihaknya untuk menangani rusaknya sambungan di Underpass Sholis tersebut. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep