25 radar bogor

Pemkot Bangun Jalan Baru ke Kampung Atlet, Persiapan Porprov Jabar 2026

Kampung Atlet
Dedie A Rachim saat meninjau kesiapan pembebasan lahan untuk Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIIB di Kayumanis. Pemkot bakal membangun jalan baru menuju Kampung Atlet,

BOGOR-RADAR BOGOR, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor, berencana membuka akses jalan baru menuju Kampung Atlet di Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal.

Baca Jug : Sebulan! 21 Tersangka Narkoba Ditangkap, Bogor Barat Paling Banyak

Wakil Wali Kota Bogor, Dedie Rachim mengatakan hal ini dilakukan untuk mengakomodasi penyelenggaraan Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat ke-XIV pada 2026 mendatang yang akan bergulir di Kota Bogor.

“Hari ini kami meninjau kesiapan pembebasan lahan untuk Tol Bogor Outer Ring Road (BORR) seksi IIIB di Kayumanis, yang akan melintasi 300-an bidang milik warga. Ini juga menjadi upaya penyelarasan pembangunan sodetan baru menuju Kampung Atlet,” ucapnya kepada Radar Bogor, Selasa (28/3/2023).

Ruas jalan ini nantinya akan bermula di kawasan Salabenda dan berakhir di wilayah Munjul. Pembangunan jalan menuju Kampung Atlet tersebut dimulai pada September 2023 dan diprediksi akan berlangsung selama 1-2 tahun ke depan.

Dedie mengatakan, Pemkot tengah merencanakan kembali lahan pengganti Kampung Atlet yang terkena sodetan dari Tol BORR. Hal itu dilakukan agar sarana prasarana yang telah didesain masih dapat terakomodir.

“Tadi saya lihat langsung tapak jalan yang harus diselaraskan dengan rencana pembuatan jalan masuk ke area Kampung Atlet supaya tidak tumpang tindih. Persiapan ini mesti kami lakukan sejak awal,” ujar dia.

Baca Juga:  Waswas dengan Kondisi Underpass Sholis, Warga: Bikin Celaka!

Dedie menekankan, agar pihak PT Marga Sarana Jabar dalam melaksanakan pembangunannya mempertimbangkan aspek akses kebutuhan untuk masyarakat. Sebab di area tersebut terdapat Tempat Pemakaman Umum (TPU), permukiman, dan tempat olahraga.

“Untuk jalan anggarannya dari pusat, pembebasan lahan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), pembangunan konstruksi oleh pihak BORR, untuk jalan akses oleh Pemkot, sedangkan pembangunan Kampung Atlet dari dana APBD Pemprov,” terang Dedie. (fat)

Reporter : Reka Faturachman
Editor : Yosep