25 radar bogor

Piala Dunia U-20 di Indonesia Terancam Batal, Dua Negara Ini Siap Menggantikan

Stadion Piala Dunia U-20
Pekerja sedang merapikan Stadion Gelora Bung Tomo yang merupakan venue Piala Dunia U-20. (Riana Setiawan/Jawa Pos)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Dibatalkannya drawing Piala Dunia U-20 2023 di Bali oleh FIFA, membuat Indonesia terancam batal jadi tuan rumah. Dua negara Argentina dan Qatar dilaporkan siap jadi penggantinya.

Ya, drawing Piala Dunia U-20 2023 telah dibatalkan oleh FIFA menyusul penolakan pejabat daerah terhadap timnas Israel. Drawing seharusnya akan digelar Jumat 31 Maret 2023 di Bali. Namun Gubernur Bali Wayan Koster menolak kedatangan Israel di pulau Dewata itu.

FIFA membatalkan jadwal drawing Piala Dunia U-20, lantaran Indonesia yang bertindak sebagai tuan rumah dianggap belum yakin menjamin keamanan bagi seluruh peserta.

Baca Juga : Drawing Dibatalkan, Piala Dunia U-20 Indonesia di Ujung Tanduk

Sanksi FIFA dan pembatalan Piala Dunia U20 di Indonesia kini berada di depan mata. Bahkan beberapa negara telah mengajukan diri menjadi pengganti Indonesia untuk penyelenggara Piala Dunia U-20. Dua negara itu yakni Argentina dan Qatar.

Argentina dikabarkan siap menggantikan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U20 2023 menyusul pembatalan agenda drawing oleh FIFA.

Menurut laporan media Argentina, DobleAmarilla dilansir pada Minggu (26/3/2023), saat ini FIFA sedang melakukan evaluasi terhadap kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

Hal itu disampaikan seorang sumber FIFA yang tak disebutkan namanya. “Semuanya sedang dievaluasi dan keputusan penting akan dibuat dalam beberapa jam ke depan,” ujar sumber tersebut.

Laporan itu juga menyebut federasi sepak bola Argentina (AFA) akan langsung mengajukan diri sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 2023, jika Indonesia mundur atau FIFA membuat keputusan mengganti tuan rumah.

“Perubahan tuan rumah (mungkin) sulit terjadi, tapi beberapa jam ke depan akan menjadi kunci untuk melihat seperti apa keputusan FIFA,” kata sumber FIFA.

Bahkan, dilnsir dari akun Instagram @tim.nasional pada Senin (27/3/2023), Argentina siap menggantikan posisi Indonesia.

“Reporter paling terkenal di Argentina @gastonedul melaporkan bahwa Federasi Argentina @afaseleccion siap menggantikan Indonesia, jika Indonesia benar-benar dibatalkan,” tulis akun tersebut.

Dalam ciutan Twitter pribadinya, Gaston menuliskan bahwa Argentina memungkinkan untuk menggantikan posisi Indonesia.

“Piala Dunia U-20 berbasis di Indonesia dan harus dimainkan pada bulan Mei, untuk alasan non sepak Bola (politik) pengundian ditunda,” dalam ciutannya.

Diketahui sebelumnya, Argentina gagal lolos ke Piala Dunia U-20 karena kalah bersaing dengan Brasil dan negara Amerika Latin lainnya.

Baca Juga : Drawing Piala Dunia U-20 di Bali Batal, Indonesia Terancam Disanksi

Negara Qatar juga dilaporkan siap untuk menggantikan posisi Indonesia sebagai penyelenggara Piala Dunia U-20 pada bulan Mei-Juni nanti.

Qatar sendiri terlebih dahulu sukses menggelar Piala Dunia 2022, sehingga bukan hal sulit menggantikan Indonesia sebagai penyelenggara. Qatar sendiri dikabarkan welcome dengan semua peserta Paial Dunia U20 termasuk tim Israel. (net/dis)

Editor : Yosep