25 radar bogor

Perbaikan Jalan Rusak di Cifor Sulit Dilakukan, Ini Penyebabnya

jalan rusak di cifor
Kondisi jalanan di sekitar kawasan Hutan Cifor, Kota Bogoryang dibiarkan rusak. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Perbaikan jalan di kawasan Hutan Cifor di Kelurahan Bubulak, Kecamatan Bogor Barat, sepertinya sulit terealisasi. Sebab, Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor tidak memiliki kewenangan melakukan perbaikan, lantaran jalan tersebut berada di bawah kewenangan Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

Baca Juga : Warga Keluhkan Akses Jalan Hutan Cifor Rusak Parah

Hal itu diungkapkan Wakil Wali Kota Bogor Dedie A Rachim. Menurut dia, akses jalan di kawasan Hutan Cifor masuk area internal Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, termasuk Kandang Rusa dan Manggala Agni.
“Itu jalan milik Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” kata Dedie, Senin (27/3/2023).

Dedie juga menjelaskan, Pemkot Bogor sebenarnya, sudah berkoordinasi untuk mengajukan adanya perbaikan jalan yang rusak di kawasan Hutan Cifor, namun pihaknya belum bendapatkan lampu hijau dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. “Belum diizinkan,” ucap dia.

Apalagi, dijelaskan Dedie akses tersebut bukan jalan resmi untuk dilintasi warga melainkan hanya pihak kementerian memberikan izin terbatas dengan alasan karena melewati area hutan penelitian.

Disisi lain, Wakil Wali Kota Bogor menyebut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan sudah menyerahkan aset jalan utama menuju Cifor, yang direncanakan bakal membangun kawasan Jalan Raya Cifor sepanjang 1,7 km menjadi jalur pedestrian. “Yang sudah diserahkan jalan raya utama dari Bubulak ke Cifor,” papar Dedie.

Hal senada juga diungkapkan Kepala Dinas (Kadis) Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Bogor, Rena Da Frina. Menurut dia, kesulitan untuk melakukan intervensi karena aset tersebut memang belum diserahkan kepada Pemkot Bogor. “Kami gak bisa eksekusinya,” tukas dia.

Sebelumnya, Hutan Cifor di Kelurahan Bubulak, Bogor Barat, ibarat jantungnya Bogor. Selain Kebun Raya. Rimbunan pepohonan, memanjakan siapa pun yang melintasi alas tersembunyi itu sama seperti Kebun Raya.

Namun, infrastruktur di sekelilingnya, buruk. Ini yang berbeda. Akses jalan dari dan menuju Cifor, penuh kubangan. Ruas jalan rusak dan berlumpur.

Baca Juga : Pakai Knalpot Bising, 37 Kendaraan Diamankan Polresta Bogor Kota

“Padahal jalan ini enak sekali untuk wisata alam, bawa anak dan keluarga. Tapi sayang sekali, jalannya seperti tidak diurus oleh Cifor,” tutur warga Bogor, Andi Ahmadi.

Sekira lima tahun sudah kondisi akses ke Hutan Cifor, seperti itu. Seperti tak ada perawatan. Andi berharap Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil sudi melirik dan membenahi infrastuktur Cifor. Terlebih, baru-baru ini Ridwan Kamil meresmikan kawasan wisata di dekat Hutan Cifor, danau Situ Gede.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep