25 radar bogor

Baru Sepekan, 16 Bencana Landa Kabupaten Bogor

Longsor di Citeureup
Kondisi rumah warga yang rusak diterjang longsor di Citeureup, Minggu (26/3/2023) malam.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor mencatat sebanyak 16 kejadian bencana sejak akhir pekan lalu pada Jumat-Minggu (26/3).

Bencana yang terdiri dari banjir, angin kencang dan tanah longsor itu terjadi di wilayah Cibinong, Bojonggede, Citeureup, Gunung Putri, Dramaga, Ciawi dan Parung.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Bogor, Aris Nurjatmiko mengatakan, data tersebut berdasarkan hasil asesmen pihaknya di lokasi kejadian.

Baca Juga: Status Tanggap Bencana Dicabut, 81 Pengungsi Longsor Empang Isi Huntara

“Korban terdampak sebanyak 128 KK, dengan jumlah yang mengungsi 4 KK dan 14 jiwa,” ucapnya saat dikonfirmasi Radar Bogor, Senin (27/3).

Terakhir pada Minggu (26/3), banjir terjadi di wilayah Ciawi dan Parung. Di Ciawi sebanyak 11 KK 55 jiwa terdampak banjir di Desa Telukpinang, serta satu masjid ikut terdampak.

Kemudian banjir di Parung menerjang dua desa yakni Desa Waru dan Warujaya, berdampak pada 49 KK 200 jiwa.

Kemudian longsor terjadi di tiga titik yakni di Desa Banjarsari dan Banjarwangi, Kecamatan Ciawi dan Desa Tajur, Kecamatan Citeureup.

“Di Citeureup 1 unit rumah rusak sedang dan 2 rumah terancam, sementara di Ciawi 1 unit rumah rusak sedang dan 3 unit rumah terancam,” jelas Aris.

Sementara angin kencang juga melanda Desa Kedungwaringin, Bojonggede yang berdampak pada 2 KK atau 6 jiwa. “Satu unit rumah rusak berat dan penghuni rumah telah mengungsi,” tandas Aris.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto