25 radar bogor

Tol Sentul Selatan – Karawang Barat Siap Dibangun, Terhubung dengan Jagorawi

Kendaraan melintas di jalan Tol Sentul Selatan, Kabupaten Bogor. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Jalan Tol yang melintasi Kabupaten Bogor bakal bertambah. Kini, ruas tol Sentul Selatan – Karawang Barat akan menjadi alternatif baru bagi para pemilik kendaraan roda empat.

Lantas, seperti apakah jalur tol baru tersebut.

Tol Sentul Selatan – Karawang Barat merupakan bagian dari rencana pengembangan Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang titik nol berada di Sentul, Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Pemkab Bogor Sambut Pembangunan Jalan Tol Tahun 2023, Ini Rinciannya

Nantinya, jalan tol tersebut melewati tiga daerah di Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

Kabupaten Bogor menjadi daerah paling terdampak pembangunan yakni total seluas 2.997 kilometer persegi.

Dengan panjang sekira 61,5 kilometer, jalan tol ini akan terhubung dengan empat jalan tol yaitu Tol Jagorawi dan Tol Bogor Ring Road di sisi Selatan. Kemudian, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Cikampek Selatan di sisi Utara.

Biaya investasi jalan tol ini mencapai Rp15 triliun dengan target rampung pada tahun 2025.

Pembangunan ruas tol itu disambut baik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor. Proyek itu diharapkan dapat mengurai beban kendaraan di ruas Tol Jagorawi dan Tol Jakarta – Cikampek.

Selain Tol Sentul Selatan – Karawang Barat, beberapa proyek nasional di Kabupaten Bogor lainnya juga akan dikebut. Misalnya, lanjutan Tol Depok – Antasari seksi 4, Tol Cimanggis – Cibitung seksi 2, dan Tol Cileungsi – Cibarusah – Ciranjang.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto