25 radar bogor

Pemkab Bogor Sambut Pembangunan Jalan Tol Tahun 2023, Ini Rinciannya

Sejumlah kendaraan melintas di salah satu jalur tol di Kabupaten Bogor. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG–RADAR BOGOR, Ruas Tol Sentul Selatan – Karawang Barat akan diwujudkan pada tahun ini. Pembangunan itu disambut baik Pemerintah Kabupaten Bogor.

Proyek Kementerian PUPR itu diharapkan dapat mengurai beban kendaraan di ruas Tol Jagorawi, dan Tol Jakarta – Cikampek, serta memangkas waktu tempuh.

Baca Juga: Jembatan Cikereteg Dibuka, Kendaraan Berat Tetap Lewat Tol

Kepala Badan Perencanaan dan Penelitian Pengembangan Pembangunan Daerah (Bappedalitbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra mengatakan, Tol Sentul Selatan – Karawang Barat merupakan salah satu dari beberapa proyek tol yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bogor.

“Yang sudah ada penetapan proyek nasional di Kabupaten Bogor tahun 2023 ini ada beberapa jalan tol, salah satunya Tol Sentul Selatan – Karawang Barat,” ujarnya.

Menurutnya, pembangunan jalan tol tersebut telah siap dikerjakan setelah selesai melalui proses lelang dan penetapan pemenang di pemerintah pusat.

Untuk diketahui, Tol Sentul Selatan – Karawang Barat ini merupakan bagian dari rencana pengembangan Jakarta Outer Ring Road (JORR) yang titik nol berada di Sentul, Kabupaten Bogor.

Nantinya, jalan tol tersebut melewati tiga daerah di Provinsi Jawa Barat, yakni Kabupaten Bogor, Kabupaten Bekasi, dan Kabupaten Karawang.

Kabupaten Bogor menjadi daerah paling terdampak pembangunan yakni seluas 2.997 kilometer persegi.

Dengan panjang 61,5 kilometer, jalan tol ini akan terhubung dengan empat jalan tol yaitu Tol Jagorawi dan Tol Bogor Ring Road di sisi Selatan. Kemudian, Jalan Tol Jakarta-Cikampek dan Jakarta-Cikampek Selatan di sisi Utara.

Biaya investasi jalan tol ini mencapai Rp15 triliun dengan target rampung pada tahun 2025.

Baca Juga: Pembebasan Lahan Proyek Tol di Bojonggede Harus Win-win Solution

Selain Tol Sentul Selatan – Karawang Barat, beberapa proyek nasional di Kabupaten Bogor lainnya yakni lanjutan Tol Depok – Antasari seksi 4, Tol Cimanggis – Cibitung seksi 2, dan tol Cileungsi – Cibarusah – Ciranjang.

“Untuk wacana Jalan Tol Caringin – Gunung Mas belum ada penetapan, belum ada kajian. Termasuk Bendungan Cijuray – Cibeet masih dalam tahap pembebasan lahan,” tukasnya.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto