25 radar bogor

Kuota Habis, Pendaftaran Mudik Gratis di Jakarta Ditutup Sementara

Ilustrasi mudik gratis
Ilustrasi mudik gratis

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemprov DKI Jakarta menutup sementara program Mudik Gratis 2023. Hal itu disampaikan melalui akun Instagram resmi @dishubdkijakarta karena kuotanya ternyata langsung ludes dalam satu hari.

Baca Juga : Ada Mudik Gratis dari Pemprov DKI ke 19 Lokasi, Cek Syaratnya di Sini

“Pendaftaran mudik gratis 2023 ditutup sementara dikarenakan kuota yang disediakan telah terpenuhi,” kata admin akun Dishub DKI dalam keterangannya, Jumat (24/3/2023).

Meski begitu, warga tak perlu khawatir. Pasalnya, Dishub DKI Jakarta berencana akan membuka kembali pendaftaran Program Mudik Gratis 2023. Namun, pendaftaran itu akan dibuka kembali setelah proses verifikasi dan kuota untuk mudik gratis 2023 masih tersedia.

“Pantau terus media sosial Dishub DKI Jakarta dan website mudikgratisjakarta.com terkait mudik gratis 2023,” imbuh akun tersebut.

Sebelumnya, pendaftaran program mudik gratis dari DKI Jakarta dibuka mulai Kamis (23/3/2023). Pendaftaran program mudik ini dapat dilakukan secara online dan offline.

“Pada tahun ini, program mudik akan melayani perjalanan mudik menuju 19 kota/kabupaten di enam provinsi,” kata Kepala Dinas Perhubungan Syafrin Liputo, Kamis (23/3/2023).

Adapun enam provinsi tersebut adalah Lampung, Sumatera Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, Daerah Istimewa Jogjakarta, dan Jawa Timur.

Sedangkan 19 kota/kabupaten yang akan jadi tempat pemberhentian di enam provinsi di atas adalah Kota Bandar Lampung di Provinsi Lampung; Palembang di Sumatera Selatan; Kuningan dan Tasikmalaya di Jawa Barat; Tegal, Pekalongan, Semarang, Kebumen, Cilacap, Purwokerto, Solo, Sragen, Wonosobo, dan Wonogiri di Provinsi Jawa Tengah.  Kota Yogyakarta di Provinsi DIY; serta Madiun, Kediri, Jombang, dan Malang di Provinsi Jawa Timur.

Pemprov DKI Jakarta menyediakan 482 bus untuk mengakomodir 19.280 masyarakat Jakarta yang akan melakukan arus mudik gratis dan arus balik.

Hal itu, kata Syafrin dalam rangka menekan banyaknya pemudik yang menggunakan sepeda motor pada arus mudik maupun balik. “Serta untuk menunjang mobilitas pemudik di kampung halaman,” jelasnya.

Baca Juga : Mau Mudik Gratis 2023 Bersama Kemenhub? Cek Syaratnya di Sini

Selain itu, ia juga mengatakan bahwa, pihaknya menyediakan 23 truk yang dapat mengangkut sebanyak 690 unit sepeda motor pemudik dengan layanan 9 (sembilan) kota/Kabupaten, yakni Kuningan, Tasikmalaya, Semarang, Kebumen, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, Jombang dan Malang.

Pada arus mudik, disiapkan sebanyak 278 bus dengan kapasitas 11.120 penumpang dan 13 truk yang akan mengangkut 390 sepeda motor, sedangkan saat arus balik disediakan 204 bus berkapasitas 8.160 penumpang dan 10 truk yang akan mengangkut 300 sepeda motor. (jpg)

Editor : Yosep