25 radar bogor

Berkendara Sepeda Motor Saat Berpuasa, Ini Tipsnya Biar Nggak Lemes

Ilustrasi tips berkendara saat berpuasa.
Ilustrasi tips berkendara saat berpuasa.

RADAR BOGOR, Saat berpuasa, aktivitas lainnya juga tetap harus dilakukan termasuk berkendara dengan sepeda motor ke berbagai tujuan. Hal ini membutuhkan konsentrasi yang tinggi dan kondisi fisik yang lebih prima dibandingkan saat tidak berpuasa.

Baca Juga : Menu Ramadan Hari ke-3 : Sambal Goreng Kerang Tahu dan Bakwan Jamur

Kondisi sepeda motor juga mutlak diperhatikan untuk menghindari hal-hal yang tidak di inginkan. “Menjaga konsentrasi saat berkendara sangat penting, apalagi disaat kondisi tubuh sedang tidak fit karena sedang berpuasa,” papar Muhamad Arief, Instruktur Yamaha Riding Academy, PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

Istirahat yang cukup dan makan makanan bergizi saat sahur untuk menjaga tubuh tetap fit juga perlu. Selain itu faktor eksternal seperti terburu-buru karena mengejar waktu berbuka juga perlu dihindari dengan pemilihan jalan yang tepat misalnya.

Berikut ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan selama berpuasa di bulan Ramdan, agar kondisi tubuh senantiasa berada dalam kondisi yang fit dan siap untuk menjalani ibadah dan aktivitas berkendara sepeda motor:

Asupan Sahur yang Baik

Sahur memiliki peran yang sangat penting untuk menjaga stamina tubuh selama menjalankan ibadah puasa dan aktivitas ketika di siang hari.

Untuk itu, perbanyak konsumsi makanan yang tinggi serat seperti buah dan sayur, serta hindari makanan yang tinggi minyak karena akan menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan kantuk di siang hari.

Istirahat Cukup dan Sedikit Olah Raga

Meskipun sedang berpuasa, aktivitas fisik masih sangatlah penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Olah raga ringan seperti berjalan kaki dapat membantu kondisi tubuh tetap bugar. Jangan lupakan juga untuk istirahat sejenak ditengah aktivitas yang padat.

Atur Kecepatan

Hindari berkendara dengan terburu-buru saat berkendara mengejar waktu berbuka di rumah. Waspada jika melewati area yang ramai saat menjelang buka puasa (area dimana banyak orang mencari makanan untuk berbuka).

Hindari jalur yang padat dan macet dan lebih baik pulang lebih awal atau berbuka dulu diperjalan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Gunakan Safety Gear & Cek Kondisi Motor

Gunakan safety gear seperti helm dengan visor, gunakan sepatu yang nyaman untuk perlindungan kaki, jaket dan sarung tangan. Cek juga kondisi motor, kondisi ban baik dan memiliki tekanan angin standar agar tidak mudah selip, saringan udara & cvt area tidak terbuka agar motor tidak mudah mogok atau rusak.  Lalu periksa kondisi rem harus baik atau pakem.

Baca Juga : Pejabat Dilarang Buka Puasa Bersama, Anggarannya Untuk Bantu Masyarakat

Jangan Memaksakan Diri

Saat berkendara jarak jauh, jika fisik mulai lelah sebaiknya istirahat dahulu di area yang nyaman. Disarankan pengendara sudah bisa menentukan area untuk berhenti jika mengharuskan berbuka di jalan. Saat istirahat, pengendara bisa melakukan kembali pengecekan ringan agar motor siap digunakan kembali.

Beberapa tips berkendara saat berpuasa bersama Yamaha tersebut, semoga dapat memberikan panduan demi keselamatan bersama. (jpg)

Editor : Yosep