25 radar bogor

Waspada Penipuan Mengatasnamakan Camat di WhatsApp, Modus Minta Sumbangan

CIBUNGBULANG-RADAR BOGOR, Masyarakat mesti mewaspadai maraknya penipuan melalui pesan WhatsApp. Penipuan berkedok meminta sumbangan kembali terjadi dengan mencatut Camat Cibungbulang.

Salah satu yayasan PAUD menjadi korban penipuan berkedok meminta sumbangan tersebut. Dalam menjalankan aksinya, pelaku meminta uang kepada sejumlah korban untuk sumbangan pengelola dan pengurus anak yatim piatu.

Baca Juga: Jessica Iskandar Serahkan Bukti Penipuan, Perkuat Laporan Polisi

Camat Cibungbulang Agung Ali mengatakan, penipuan itu mencantumkan nama serta foto profilnya. Padahal, nomor tersebut palsu atau bukan miliknya.

Untuk mengecoh korbannya, pelaku mengirimkan bukti transfer seolah-olah telah mendapatkan sumbangan dan meminta kembali ditransfer ke rekening lainnya.

“Kami sudah melaporkan kejadian ini ke polisi supaya ditindaklanjuti karena itu bukan nomor telepon saya,” ungkap Agung Ali ketika ditemui Radar Bogor, Jumat (24/3).

Dia menegaskan, pemerintahan Kecamatan Cibungbulang tidak pernah melakukan permintaan sumbangan dalam bentuk apa pun. Ia berharap pelaku yang mengatasnamakan dirinya segera ditindak karena aksinya telah merugikan banyak pihak.

“Tentu aksi mereka merugikan orang banyak dan bisa berurusan dengan hukum,” tegasnya.

Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk tidak menuruti permintaan apa pun dari pihak yang mengatasnamakan dirinya melalui nomor telepon.

“Kami imbau terutama warga di Cibungbulang untuk tidak memberikan atau menuruti permintaan dan permohonan bantuan,” kata Agung.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto