25 radar bogor

Perhimpunan Janda Merdeka Sebar Takjil Ramadan di Desa Cikarawang

Takjil Ramadan
Ibu-ibu yang tergabung di Geng Perjaka atau Perhimpunan Janda Merdeka, melakukan kegiatan sebar takjil Ramadan.

DRAMAGA – RADAR BOGOR, Kelompok pengajian ibu-ibu yang berada di Dukuh Cangkrang, Cikarawang, Dramaga, Kabupaten Bogor, menggelar kegiatan Sebar Takjil Ramadan 1444 H, Kamis (23/3/2023). Kegiatan yang dimulai sejak tahun 2020 ini rutin dilakukan saat bulan Ramadhan tiba.

“Sesuai dengan sabda Nabi Muhammad SAW, ‘Siapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tersebut, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga’, kami ibu-ibu ingin meraih pahala tersebut,” ujar Ketua Geng Perjaka (Perhimpunan Janda Merdeka), Enung Nuryani kepada Radar Bogor, kemarin.

Ia menambahkan, dana kegiatan sebar takjil Ramadan ini berasal dari donasi yang dikelola oleh Yayasan Ar Rahman di Desa Cikarawang, Dramaga. Sebagian besar berasal dari warga IPB University dan donatur lainnya.

Baca Juga : 4 Rekomendasi Makanan Jepang yang Nikmat untuk Berbuka Puasa

Desa Cikarawang letaknya ada di belakang Kampus IPB Dramaga, dan sebagian besar ibu-ibu yang terlibat dalam kegiatan ini bekerja dan berjualan di kampus.

Dengan kegiatan ini, tambahnya, ibu-ibu yang tergabung dalam Geng Perjaka, ikut berdaya dengan memproduksi dan menyalurkan takjil. Takjil Ramadan disalurkan ke beberapa masjid dan musala serta anak yatim dan dhuafa yang ada di sekitar Desa Cikarawang.

Awalnya, program ini dimulai saat pandemi Covid-19. Sebagian ibu-ibu kehilangan mata pencaharian karena kantin tempat berdagang tutup akibat PPKM. “Dengan adanya kegiatan ini, waktu itu, ada sedikit keuntungan dari memproduksi takjil. Alhamdulillah waktu itu cukup untuk beli daging satu kilogram untuk lebaran,” tuturnya.

Selain memproduksi takjil Ramadan, katanya, ibu-ibu yang kebagian jadwal memproduksi takjil kadang melebihkan porsi dari yang seharusnya. “Kami juga ingin bisa bersedekah seperti para donatur dari kegiatan ini. Meski sedekah kami tidak seberapa,” tandasnya.

Menurutnya, takjil yang disalurkan senilai Rp8 ribu dengan menu kolak/es buah, gorengan/kue, buah. Ada 20-30 porsi takjil yang disalurkan setiap harinya. (mer)

Editor : Yosep