25 radar bogor

Hoaks, Video Obat Kapsul Berisi Paku yang Disebar di WhatsApp

Video kapsul berisi paku yang disebar di WhatsApp. (Tangkapan layar)

BOGOR-RADAR BOGOR, Masyarakat sebaiknya tidak mudah percaya dengan informasi yang disebarkan melalui grup-grup WhatsApp. Sebelum menyebarkannya, ada baiknya untuk mengecek melalui platform lain di internet.

Beredar unggahan video berdurasi 33 detik yang memperlihatkan seseorang sedang membuka sebuah obat kapsul berisikan paku-paku berukuran kecil.

“Tolong bantu diviralkan kepada keluarga… Teman2 kita semua…harus hati2 zaman sdh edan,” tulis narasi yang menjadi caption video itu.

Bahkan, video itu telah di-forward beberapa kali melalui pesan-pesan WhatsApp.

Baca Juga: 3 Amalan yang Perlu Diperbanyak Selama Bulan Ramadan

Faktanya, jika kita mencari informasi mengenai obat kapsul berisi paku itu di internet, banyak sumber yang menyebutkan video itu sebagai hoaks.

Salah satunya dari informasi yang dirangkum dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informasi (Kominfo). Cek di sini.

Video tersebut merupakan vidao lama yang diunggah pada 21 Februari 2021 silam lewat YouTube.

Menurut keterangan Kominfo, paku-paku dalam kapsul tersebut sengaja dimasukkan oleh pria yang ada dalam video. Rekaman video itu pun sempat viral di negara Kazakhstan.

Komite Pengawasan Medis dan Farmasi Kementerian Kesehatan Republik Kazakhstan mengatakan, pihaknya tidak secara resmi menerima informasi dari konsumen, pemegang sertifikat registrasi, entitas farmasi, atau pun tenaga medis tentang adanya benda asing di dalam obat kapsul Enterofuril yang terlihat pada video tersebut.

Obat Kapsul Enterofuril merupakan sejenis obat antimikroba yang diproduksi oleh perusahaan farmasi JSC Bosnalik yang berbasis di Bosnia dan Herzegovina.

Enterofuril terdaftar dan disetujui untuk penggunaan medis di Republik Kazakhstan dengan nomor registrasi RK-LS-5 No. 022825 tanggal 03/02/2017, dan RK-LS-5#022904 tanggal 10.04.2017.(*/mam)

Editor: Imam Rahmanto