25 radar bogor

3 Amalan yang Perlu Diperbanyak Selama Bulan Ramadan

Anak-anak membaca Alquran di masjid, Kabupaten Bogor, untuk menambah amalan selama bulan suci Ramadan. (Radar Bogor/ Hendi Novian)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kehadiran bulan suci Ramadan yang hanya satu kali dalam satu tahun perlu dimanfaatkan sebaik mungkin dengan memperbanyak amalan kebaikan.

Apalagi setiap amalan kebaikan yang dikerjakan di bulan ini, pahalanya dijanjikan akan berlipat ganda. Meskipun melakukan amalan baik apa saja sebenarnya bisa mendatangkan pahala, namun ada beberapa amalan yang perlu diperbanyak selama bulan Ramadan untuk mendapatkan ampunan, keberkahan, dan ridha Allah SWT.

Baca Juga: Awal Ramadan, Harga Cabai Rawit Merah Tembus 80 Ribu

Saifuddin Zuhri, dosen PTIQ Jakarta, mengungkap sedikitnya ada 3 amalan yang perlu dilakukan selama bulan suci Ramadan.

Pertama, memperbanyak membaca Alquran. “Bulan Ramadan itu bulan Alquran, harus baca Alquran” katanya dilansir dari Jawa Pos, Jumat (24/3).

Dia pun menyebut membaca Alquran dilakukan dengan cara tadarus bersama sejumlah orang lebih baik apabila memungkinkan. Namun jika aktivitas sibuk dengan pekerjaan dan lain-lain, bisa juga dengan membaca Alquran secara sendirian.

“Baca Alquran tidak harus banyak, tapi kalau bisa satu hari 1 juz satu hari. Yang paling penting setiap hari baca Alquran,” katanya.

Amalan kedua yang perlu dilakukan selama bulan Ramadan adalah sedekah. Saifuddin Zuhri mengatakan, sedekah pada bulan puasa penting dilakukan sebab Rasulullah memperbanyak melakukan sedekah pada waktu bulan Ramadan.

“Bisa bersedekah untuk orang yang akan berbuka. Kalau punya kelebihan makanan, kirim ke masjid untuk buka puasa atau sedekah pada umumnya,” jelasnya.

Amalan ketiga adalah memperbanyak membaca doa. Saifuddin Zuhri menyarankan untuk memperbanyak doa yang berisi permohoan maaf kepada Tuhan selama bulan Ramadan. Doa ini penting sekali diperbanyak baik pada siang ataupun di malam hari.

Berikut doa yang disarankan untuk diperbanyak dibaca selama bulan Ramadan:

اللَّهُمَّ إِنَّكَ عَفُوٌّ تُحِبُّ الْعَفْوَ فَاعْفُ عَنِّي

Allahumma innaka afuwwun tuhibbul afwa fa’fu anni.

Artinya: “ Ya Allah, sesungguhnya Engkau adalah Dzat yang Maha Pemaaf. Engkau suka memaafkan, maka maafkanlah aku.” (*/jpg)

Editor: Imam Rahmanto