25 radar bogor

Korban Longsor di Empang Meninggal Dunia Usai Alami Diare Parah

longsor di empang
Tim SAR Gabungan berusaha mengevakuasi korban di longsor di Empang. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Korban longsor di Empang, Kecamatan Bogor Selatan, bertambah. Kosasih (62), warga Kampung Sirnasari menghembuskan nafas terakhirnya pada pukul 00.00 WIB, Kamis (23/3/2023).

Baca Juga : Korban Longsor di Empang Bakal Dipindahkan ke Legok Muncang

Saat dikonfirmasi, Camat Bogor Selatan, Abdul Rahman membenarkan kabar duka yang menimpa warganya tersebut. Menurut dia, sebelum dinyatakan meninggal dunia, Kosasih sempat menjalani perawatan usai longsor di Empang.

Namun, beberapa hari terakhir kondisinya menurun meski sudah mendapatkan perawatan intensif di RSUD Kota Bogor. “Almarhum dinyatakan meninggal dunia Kamis (23/3/2023) dini hari di RSUD,” kata Abdul Rahman.

Ia menjelaskan, kondisi kesehatan Kosasih menjadi salah satu korban longsor di Empang yang paling dipantau baik oleh Dinas Kesehatan, Puskesmas setempat, termasuk aparatur di wilayah. “Korban saat ini sudah di makamkan di TPU Dreded,” ucap dia.

Abdul Rahman juga mengaku akan berkoordinasi untuk menemui pihak keluarga, memberikan santunan yang akan disampaikan ke ahli waris.

“Kami akan mengajukan juga ke Kemensos, mudah-mudahan dapat bantuan, ikhtiar yang penting sudah koordinasi dan tidak terlantar,” papar dia.

Terpisah, Lurah Empang Muhamad Al Farhan menambahkan, setelah beberapa hari menjalani perawatan di RS PMI Bogor pasca tertimbun longsor di Empang, Kosasih sebenarnya sudah diizinkan pulang.

Baca Juga : Seluruh Korban Longsor di Empang Ditemukan, Kondisinya Berpelukan

Hanya, dari hasil pemantauan Puskesmas Empang, kondisi kesehatan Kosasih terus menurun selama dua hari terakhir. “(Korban) lalu dirujuk karena diare parah, dan Kosasih meninggal dunia di RSUD,” ucap dia.

Diketahui, dalam kejadian bencana longsor di Empang pada Selasa (14/3/2023) menyebabkan 17 warga tertimbun. Dari 17 korban, 11 orang selamat, enam meninggal dunia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep