25 radar bogor

Hari Air Sedunia, Menumbuhkan Kesadaran Masyarakat Pentingnya Menjaga Kualitas Air

Hari Air Sedunia
Ilustrasi Hari Air Sedunia

BOGOR–RADAR BOGOR, Hari Air Sedunia diperingati setiap tahunnya pada 22 Maret. Peringatan Hari Air Sedunia atau wolrd water day ini, sebagai upaya menyadarkan masyarakat akan pentingnya air bagi kehidupan.

Baca Juga : Hari Air Sedunia, Perumda Tirta Kahuripan Sosialisasi di IPA Gunung Putri

Peran air bukan hanya untuk kehidupan manusia semata, lebih dari itu, segala makhluk hidup di muka bumi, membutuhkan air untuk mendukung kelangsungan hidupnya.

Peringatan Hari Air Sedunia yang jatuh setiap tanggal 22 Maret ini, ditetapkan oleh Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pada sidang umum PBB ke-47, tanggal 22 Desember 1992 di Rio de Janeiro, Brazil.

Setiap tahunnya, Hari Air Sedunia diperingati dengan tema yang berbeda. Seperti contoh, tema “Shared Water, Shared Oppurtunities” diusung pada tahun 2009, tema “Water and Jobs” diusung pada tahun 2016.

Pada tahun ini, hari air sedunia mengusung tema “Accerelating Change” yang memiliki arti mempercepat perubahan dalam mengatasi krisis air dan sanitasi. Tema tersebut, diambil agar masyarakat turut berperan dalam upaya menjaga kualitas air dengan cara bijak dalam menggunakan, mengonsumsi hingga mengelola air bagi kehidupan.

Salah satu hal yang melatarbelakangi diperingatinya hari air sedunia adalah, permasalahan krisis air bersih yang juga terjadi di seluruh dunia. Termasuk di Indonesia yang padahal dijuluki negara yang kaya akan pulau-pulau.

Bahkan saat ini, terdapat 783 juta orang di seluruh dunia yang belum memiliki akses air bersih dan 2,5 juta orang yang kekurangan akses fasilitas sanitasi yang memadai.

Selain itu, air yang merupakan komoditi bagi kebutuhan manusia memiliki beberapa peranan. Aktivitas manusia sehari-hari tidak akan terlepas dari air, seperti minum, masak, mencuci dan lain-lain. Adapun dalam hal kesehatan, kualitas air yang bersih akan menjauhkan manusia dari berbagai macam penyakit.

Air yang bersih juga akan menjaga kesuburan tanah yang terdapat di lingkungan sekitar yang mana hal tersebut akan menjaga kualitas udara yang terdapa pada tanaman dan pepohonan, sumber oksigen yang kita hirup.

Baca Juga : Peringati Hari Air Sedunia, PSL IPB Bahas Pentingnya Pemanfaatan Air Tanah dan Air Permukaan

Dengan diperingatinya Hari Air Sedunia, peran masyarakat dalam menjaga kualitas air dan bijak dalam penggunaannya perlu ditingkatkan. Adapun hal yang bisa dilakukan sebagai upaya meningkatkan kesadaran masyarakat, sebagai berikut:

1. Menghemat penggunaan air
2. Rutin memperbaiki sanitiasi seperti melakukan pengecekaan terhadaap kondisi pipa dan tangki air
3. Hindari polusi air, jauhkan air dari sesuatu yang berminyak.
4. Membuang sampah pada tempatnya dan hindari aktivitas membuag sampah di sungai, karena hal tersebut akan menimbulkan pencemaran air.
5. Rutin melaksanakan kerja bakti membersihkan saluan-saluran perairan.
6. Mengampanyekan pelestarian air di media sosial. (*)

Penulis : Siti Zulfa Fauziah_Fisipkom