25 radar bogor

30 Persen Bus dan Angkot di Kota Bogor Tak Laik Jalan

Bima arya soal penghapusan angkit tengah kota
Bima arya soal penghapusan angkit tengah kota. SOFYANSYAH/RADAR BOGOR

BOGOR-RADAR BOGOR, Polresta Bogor Kota menyebut, dari 40 kendaraan bus dan angkot yang diperiksa di Terminal Baranangsiang, sebanyak 30 persen di antaranya dalam kondisi tak laik jalan.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Bismo Teguh Prakoso mengatakan, kegiatan pemeriksaan angkutan umum itu dilakukan menjelang Ramadhan 1444 hijriah.

Menurut dia, kepolisian bersama Dinas Perhubungan (Dishub) dan bidang kesehatan mengadakan pengecekan kendaraan demi keamanan mudik Lebaran 2023.

Baca Juga : Polresta Bareng Dishub Lakukan Ramp Check Kendaraan Umum, Pastikan Layak Jalan

“Dari Polresta Bogor Kota ada Pak Kasatlanas, ada juga dari bidang kesehatan, ada dari Dishub, ada dari penguji juga untuk bulan puasa dan nanti juga jelang lebaran,” kata dia.

Kapolresta menyebutkan, pengecekan meliputi kesehatan pengemudi, tensi dan tes urine. Dari hasil pemeriksaan 18 pengemudi tidak ada yang mengandung narkoba dan miras.

Kemudian, rombongan juga melakukan pengecekan terhadap 40 kendaraan bus dan angkot yang melintas, meliputi lampu utama, lampu sen, wiper, ban, mesin, trayek dan KIR-nya.

“Seperti contoh tadi ada yang habis masa berlakunya, diimbau untuk mengurus masa berlakunya (trayek). Kemudian juga kita tadi berbagi beras ya, kepada kernet, pengemudi bus,” kata dia.

Selain bus, lanjutnya, dalam pengecekan terhadap angkot, meliputi pengemudi dan ketertiban kendaraan, lampu, lampu sen, wiper dan juga mesin kendaraannya.

Diketahui, Kombes Pol Bismo membagikan nomer aduan kepada yang ditempelkan pada setiap kendaraan, agar bisa membantu menginformasikan gangguan kamtibmas di Kota Bogor.

Baca Juga : Simak, Prakiraan Cuaca di Bogor Kamis 23 Maret 2023

“Bila mengetahui terjadinya gangguan Kamtibmas baik itu pemerasan, pemalakan atau tindak pidana lainnya silahkan menghubungi nomor 0878 100 100 57. Itu langsung nomor saya, Kapolresta Bogor Kota,” pungkasnya.

Selain itu, Kapolresta Bogor Kota juga membagikan beras 5 kg kepada para sopir yang kendaraanya dilakukan pemeriksaan. “Tujuannya adalah sebagai bentuk berbagai dan peduli,” tukas dia.(ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep