25 radar bogor

Permudah Layanan, BPS RI Resmikan Pojok Statistik di IPB University

BPS RI
Kepala BPS RI Margo Yuwono ketika membuka kuliah umum usai meresmikan pojok statistik di IPB University

DRAMAGA – RADAR BOGOR, Badan Pusat Statistik Republik Indonesia atau BPS RI, meresmikan Pojok Statistik di Perpustakaan IPB University, Kecamatan Dramaga, Selasa (21/3/2023).

Baca Juga : Gelar Semnas, IPB University Rumuskan Solusi 3 Dosa Besar Dunia Pendidikan

Pojok Statistik merupakan sebuah layanan yang diberikan BPS RI dan bisa diakses oleh akademisi untuk mengolah data. Pojok Statistik yang ke-34 ini dibangun di seluruh kampus di Indonesia, salah satunya di IPB University.

“Pojok statistik di perpustakaan IPB ini tujuannya untuk meningkatkan pelayanan BPS RI kepada civitas akademi, data itu bisa dimanfaatkan secara luas oleh para dosen, mahasiswa,” ungkap Kepala BPS RI Margo Yuwono kepada wartawan, Selasa (21/3/2023).

Ia menjelaskan, dengan adanya Pojok Statistik bisa dapat dimanfaatkan oleh dosen maupun mahasiswa sebagai kepentingan ilmu pengetahuan.

“Karena data semakin dekat dengan civitas akademi, harapannya digunakan oleh desen maupun oleh mahasiswa, sehingga banyak kajian, banyak perkembangan pengetahuan dari kajian-kajian,” kata Margo Yuwono.

Baca Juga : Sah, Atang Trisnanto Raih Gelar Doktor dari IPB University

Selain itu, dari Pojok Statistik ke depan para akademisi mampu memberikan masukkan kepada BPS RI maupun pemerintah untuk kemajuan bangsa Indonesia.

“Kami berharap karena data itu bisa menceritakan banyak hal, seperti halnya kemiskinan bisa melihat faktor-faktor determinan kemiskinan, nanti bisa memberikan narasi bagi pemerintah kedepan atau kepada BPS RI ke depan,” kata dia. (abi)

Reporter : Jaenal Abidin
Editor : Yosep