25 radar bogor

Kampung Munjul, Kelurahan Kayumanis Jadi Lokasi Binaan P2WKSS 2023

kampung manjul
Penilaian Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tahun 2023 di Kampung Munjul, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor

BOGOR-RADAR BOGOR, Penilaian Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) Tahun 2023 di Kampung Munjul, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor menjadi yang terakhir bagi Wali Kota Bogor, Bima Arya bersama Wakil Wali Kota Bogor, Dedie A.Rachim.

Baca Juga : Musrenbang RKPD 2024, Bima Arya Inginkan Pembangunan Bahagiakan Warga

Selama mengikuti penilaian, Kota Bogor selalu mendapatkan hasil maksimal di Jawa Barat. Untuk itu kata Ketua TP PKK Kota Bogor, Yane Ardian yang hadir dalam rakor program terpadu P2WKSS Tahun 2023 di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Senin (20/3/2023), wilayah yang ditunjuk harus terus bersemangat, memberikan yang terbaik dan jangan kasih kendor.

Yane Ardian meminta jajaran Kampung Munjul, Kelurahan Kayumanis dan Kecamatan Tanah Sareal untuk semangat dalam berikhtiar secara maksimal. Dirinya mengaku, Kota Bogor telah memiliki pola juara, capaian sudah diraih wilayah lain di Kota Bogor tinggal di duplikasi.

Wali Kota Bogor, Bima Arya dalam arahannya menyebutkan, ada tiga kunci untuk meraih hasil maksimal, yaitu mapping local champion atau pemetaan tokoh-tokoh lokal, totalitas dari lurah dan jajaran aparatur wilayah setempat dan koneksi antara tokoh lokal dan perangkat daerah.

“Keberadaan para tokoh lokal betul-betul harus dipetakan, merekalah yang berjalan di lapangan dan menjadi kunci bagi kita untuk itu saya tempatkan di posisi paling tinggi, karena tanpa mereka tidak bisa. Selanjutnya lurah dan jajaran harus all out, fight, dalam setiap perjuangan ada pengorbanan,” kata Bima Arya.

Selanjutnya kunci ketiga adalah memastikan peran dan tupoksi para perangkat daerah terkait berjalan sehingga mendukung mulai dari nol hingga ada progres.

Untuk ini, kata Bima Arya, dibutuhkan peran dari asisten untuk memastikan ada akselerasi dari perangkat daerah yang akan memberikan semangat. Satu aspek yang tidak boleh dilupakan adalah peran pihak ketiga atau intervensi pihak ketiga.

“Harus ada yang mendorong untuk berkolaborasi, karena ini akan menjadi nilai lebih. Potensi masalah dan potensi prospek daerah menjadi dua aspek berikutnya sehingga dapat diketahui letak permasalahannya dan nilai lebih. Kita berharap ini menjadi kenangan manis, hasil akhir menjadi target, tetapi kami ingin melihat proses. Kalau ikhtiarnya maksimal dan apapun hasilnya kita pasti akan menerima. Ada satu proses yang sering saya bilang yakni beyond the reward, melampaui penghargaan berupa perubahan perilaku, lebih berdaya dan lebih berperilaku,” paparnya.

Dalam penilaian P2WKSS tahun 2023, Kampung Munjul, Kelurahan Kayumanis, Kecamatan Tanah Sareal, Kota Bogor ditunjuk sebagai lokasi binaan program terpadu P2WKSS dengan sasaran 3.158 KK dengan 100 KK binaan di 3 RT, dengan 15 instrumen penilaian, diantaranya penyuluhan pendampingan, pelatihan dan pembinaan, pembinaan terhadap kader PKK, kelompok perempuan, kelompok wanita tani dan kelompok rentan.

Baca Juga : Sekda : Musrenbang RKPD 2024 Kota Bogor Akhir Tahun RPJMD

Kegiatan pendidikan, pelayanan kesehatan, pembangunan fisik, keterampilan dan kewirausahaan serta lainnya. Untuk jadwal pelaksanaan P2WKSS mulai Maret dalam bentuk rakor dan verifikasi, sementara untuk penilaian lomba dilaksanakan mulai Oktober hingga November 2023.

Rakor P2WKSS tahun 2023 dihadiri Asisten Pemerintahan Setda Kota Bogor dan diikuti perwakilan perangkat daerah terkait serta pihak-pihak lainnya. (adv)

Editor : Yosep