25 radar bogor

Tambah Wawasan Jurnalistik, Jurnticnoi Nesbor Jalan-Jalan ke Radar Bogor

Jurnticnoi Nesbor
Puluhan pelajar dari SMPN 19 Kota Bogor, ramai-ramai menyambangi gedung Graha Pena, Radar Bogor, Selasa (21/3/2023). Mereka yang juga tergabung dalam ekskul Jurnticnoi Nesbor itu, menambah ilmu dan pengalaman tentang dunia jurnalistik.

BOGOR-RADAR BOGOR, Puluhan pelajar dari SMPN 19 Kota Bogor, ramai-ramai menyambangi gedung Graha Pena, Radar Bogor, Selasa (21/3/2023). Mereka yang juga tergabung dalam ekskul Jurnticnoi Nesbor itu, menambah ilmu dan pengalaman tentang dunia jurnalistik.

Baca Juga : Berkunjung ke Radar Bogor, Bullet Smansa Gali Ilmu Jurnalistik 

Siswa dari berbagai tingkatan kelas itu berkeliling di kantor Radar Bogor. Mereka ingin melihat lebih dekat bagaimana kerja-kerja jurnalistik modern secara profesional, khususnya Radar Bogor dengan anak-anak grupnya.

Para anggota Jurnticnoi Nesbor itu pun cukup antusias melihat-lihat beberapa ruangan. Mulai dari redaksi, ruang kreatif, hingga ruang livestreaming. Tak hanya itu, mereka juga mendapatkan suntikan materi jurnalistik dari kru redaksi.

Pembina ekskul, Iin Fitrianengsih bersyukur dengan kunjungan perdana para siswanya itu. Ekskul jurnalistik di sekolahnya baru mulai diaktifkan kembali. Tentu saja, ia ingin ekskul dengan nama Jurnticnoi Nesbor itu bisa hadir dengan wajah dan suasana baru.

Untuk itu, para pelajar yang tergabung di dalamnya diajak refreshing sekaligus belajar langsung ke salah satu kantor media.

“Anak kan selama ini lingkup wawsannya hanya di sekolah. Karena kami memang sekarang lagi membudayakan literasi digital, sekaligus buat nambah nuansa baru juga. Makanya ada inisiatif dari teman guri dan anak-anak juga untuk kunjungan,” ungkap perempuan yang juga guru Bahasa Indonesia ini.

Pelatih Jurnticnoi Nesbor, Syifa Maulida Zakiah membenarkan, kunjungan itu menjadi langkah pengenalan bagi siswanya. Lantaran ekskul tersebut dibagi dalam beberapa divisi yang menyesuaikan minat para siswa menekuni dunia jurnalistik.

Baca Juga : Sambangi Graha Pena, KAMMI Bogor Pahami Urgensi Jurnalistik

“Saya rasa kunjungan ini akan menambah wawasan sesuai dengan divisi mereka masing-masing. Apalagi materi yang disampaikan sangat sesuai, memenuhi apa yang dibutuhkan,” ungkap perempuan yang juga guru Bahasa Sunda ini.

Nama Jurnticnoi sendiri, kata Zakiah, diambil dari singkatan dua kata Journalism dan Noi. Journalism dari bahasa Inggris yang berarti jurnalisme dan Noi dari bahasa Romawi, yang artinya “kita”. Sementara, Nesbor merupakan julukan umum bagi SMPN 19 Kota Bogor. (mam)

Editor : Yosep