25 radar bogor

Sebelum Ramadan, Lakukan 7 Hal Ini Biar Berkah Dunia Akhirat

Ilustrasi Doa Bulan Ramadan
Ilustrasi Doa Bulan Ramadan

RADAR BOGORSebelum memasuki bulan Ramadan, umat Islam dianjurkan untuk bersih lahir dan batin. Termasuk memperbaiki hubungan dengan sesama dan kepada Allah.

Nah, agar Ramadan lebih berkah serta beruntung dunia dan akhirat, berikut ini adalah beberapa hal yang perlu dilakukan jelang bulan Ramadan.

Mengutip nu.or.id, menjelang Ramadan ada tujuh hal yang perlu dilakukan agar kita dapat beruntung baik dunia maupun akhirat :

Baca Juga : Ramadan Tiba, Berikut 4 Menu Sahur yang Praktis, Enak dan Bergizi

  1. Meminta maaf kepada orang tua jika masih hidup
  2. Menziarahi makam orang tua jika telah meninggal dunia
  3. Belajar ikhlas dalam berbagi, tidak menyakiti dan mengungkit pemberian
  4. Belajar menerima dengan ridha kenyataan apapun sebagai takdir Allah
  5. Meminta maaf kepada orang-orang yang pernah kita aniaya
  6. Mengembalikan hak orang lain yang ada pada kita kepada yang berhak
  7. Menjaga hubungan baik dengan siapapun (silaturrahmi)

Sebagai penutup, mengutip hadits riwayat Imam Bukhari pada Kitab Adabul Mufrad bahwa, sahabat Anas RA bercerita, suatu hari Rasulullah SAW naik ke atas mimbar. Sampai tangga pertama, ia berkata “Amīn.” Naik anak tangga kedua, ia mengulanginya “Amīn.” Naik satu anak tangga lagi, ia berkata “Amīn.”

Setelah Rasulullah duduk, sahabat bertanya, “Wahai Rasul, kamu mengaminkan apa?” Rasulullah menjawab, “Jibril datang kepadaku dan berkata, ‘Celakalah orang yang mengalami masa tua kedua orang tuanya atau salah satu darinya, lalu ia tidak masuk surga karenanya,’ lalu aku berkata, ‘Amīn;’ ‘Celakalah seseorang yang memasuki Ramadan tetapi dosanya tidak diampuni,’ aku berkata ‘Amīn;’ dan ‘Celakalah orang yang disebut namamu di dekatnya, tetapi dia tidak bershalawat,’ lalu aku berkata ‘Amīn,’” (HR Bukhari). Wallahu a’lam. (net)

Editor : Yosep