25 radar bogor

Ramadan Tiba, Berikut 4 Menu Sahur yang Praktis, Enak dan Bergizi

Ilustrasi Sahur
Ilustrasi Sahur

RADAR BOGOR, Santap sahur merupakan aktivitas kegiatan makan dan minum pada waktu sebelum imsak, yaitu saat menjelang fajar selama bulan Ramadan.

Tentunya, sebagai seorang muslim yang akan berpuasa, kegiatan santap sahur sangat penting karena membantu mempersiapkan tubuh menahan lapar dan dahaga selama berpuasa sepanjang hari.

Selain itu, pemilihan menu sahur yang sehat dan bergizi dapat memberikan energi yang cukup untuk menjalankan aktivitas sehari-hari tanpa merasa lelah atau letih.

Baca Juga : Puasa Ramadan Tapi Tidak Salat, Sah Atau Tidak? Ini Penjelasannya

Maka dari itu sangat penting untuk memilih makanan serta minuman yang tepat untuk santap sahur. Berikut menu santap sahur yang praktis, enak dan bergizi.

1. Tumis Tauge Tahu

Tumis tauge tahu adalah sebuah hidangan masakan Indonesia yang terbuat dari tauge dan tahu, yang ditumis bersama dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, kecap manis, dan garam.

Biasanya, tumis tauge tahu disajikan sebagai lauk dalam menu makan sehari-hari. Hidangan ini juga sering dijadikan sebagai makanan ringan atau camilan yang disajikan dalam acara-acara tertentu. Tumis tauge tahu bisa dinikmati dengan nasi putih atau sebagai pengisi dalam roti atau kulit lumpia.

2. Tumis Labu Siam

Tumis labu siam adalah salah satu hidangan masakan yang populer di Indonesia. Labu siam dipotong-potong dan dicampur dengan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai, dan terasi, kemudian ditumis hingga matang.

Hidangan ini sering disajikan sebagai lauk pauk di rumah makan atau restoran. Tumis labu siam biasanya memiliki rasa yang gurih dan pedas, dan sering disajikan bersama dengan nasi putih.

3. Tumis Daun Singkong

Tumis daun singkong teri adalah masakan Indonesia yang terdiri dari daun singkong yang dicincang dan di tumis bersama dengan teri atau ikan teri yang sudah diolah terlebih dahulu, seperti dibersihkan dan direndam air garam.

Biasanya, masakan ini juga ditambahkan bumbu-bumbu seperti bawang putih, bawang merah, cabai merah, dan garam untuk memberikan rasa yang lebih gurih dan pedas.

3. Tumis Genjer Lezat

Tumis genjer adalah salah satu masakan khas Indonesia yang terbuat dari daun genjer yang ditumis dengan bumbu-bumbu seperti bawang merah, bawang putih, cabai, terasi, garam, dan gula.

Daun genjer sendiri adalah jenis sayuran hijau yang biasa tumbuh liar di daerah persawahan atau tepi sungai, dan memiliki rasa yang segar dan sedikit pahit.

Baca Juga : 6 Amalan Sunnah di Bulan Ramadan, Pahalanya Berlipat Ganda

Tumis genjer sering disajikan sebagai lauk pendamping nasi putih dan sering kali menjadi favorit di kalangan masyarakat Indonesia karena rasanya yang lezat dan gizi yang tinggi.

Nah, itulah empat menu santap sahur yang sehat, praktis, enak dan bergizi. Selamat mencoba. (net/dis)

Editor : Yosep