25 radar bogor

Optimalkan Infrastruktur Kelistrikan, PLN Lakukan Penggantian IBT Gitet Cibinong

PLN
PLN melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bogor, mengganti Inter Bus Transformator #1 (IBT) pada Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong.

BOGOR-RADAR BOGOR, Guna meningkatkan keandalan dan memperkuat sistem kelistrikan, PLN melalui Unit Pelaksana Transmisi (UPT) Bogor, mengganti Inter Bus Transformator #1 (IBT) pada Gardu Induk Tegangan Ekstra Tinggi (GITET) Cibinong. Keberhasilan pergantian tersebut ditandai dengan proses pemberian tegangan pada Jumat (18/3/2023) kemarin.

Baca Juga : Jelang Ramadan, PLN Intensifkan Pemeliharaan Listrik Agar Ibadah Nyaman

IBT #1 GITET Cibinong ini, dapat menyalurkan daya sebesar 450 MW dengan kapasitas maksimum 500 MVA dan menyuplai pasokan listrik untuk wilayah Kabupaten Bogor, Kota Bogor serta sejumlah konsumen tegangan tinggi (KTT) yakni Semen Baru dan Aspex Kumbong.

“Penggantian infrastruktur kelistrikan pada IBT 1 GITET Cibinong, dapat meningkatkan performa trafo sehingga trafo lebih andal dan berfungsi dengan optimal untuk menyalurkan energi listrik,” terang Manager PLN UPT Bogor I Made Gita Mardika.

Pekerjaan penggantian IBT ini, membutuhkan waktu selama 20 hari, sejak dilakukan pembebasan tegangan pada 27 Februari 2023 lalu hingga dilakukan pemberian tegangan pertama (energize) pada Jumat (18/3/2023) kemarin.

PLN menerjunkan tim gabungan terdiri dari bidang Pemeliharaan Gardu Induk (Hargi), proteksi dan kontruksi kantor induk serta tim dari UPT dan tim Unit Layanan Transmisi Gardu Induk (ULTG) Bogor untuk melakukan rangkaian pekerjaan penggantian IBT #1 GITET Cibinong, mulai dari tahapan pembebasan tegangan, pembongkaran dan pemasangan IBT, pengujian dan pemeliharaan peralatan hingga dilakukannya proses pemberian tegangan.

“Penggantian IBT 1 GITET Cibinong dapat meningkatkan reliability, availability dan efisiensi serta mengurangi resiko terjadinya kegagalan atau kerusakan peralatan,” terang Manager ULTG Bogor, Moch. Lingga Pratama.

Investasi melalui penggantian IBT 1 ini, diharapkan dapat semakin mendorong pengembangan dan perkuatan baik pada sektor industri maupun pariwisata yang ada di Kabupaten dan Kota Bogor. (adv)

Editor : Yosep