25 radar bogor

Cianjur Dikepung Banjir : Terjang Perkampungan, Rumah Jebol

Cianjur
Salah satu kawasan di Kabupaten Cianjur yang diterjang banjir Senin (20/3/2023) sore.

CIANJUR-RADAR BOGOR, Hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Cianjur Senin (20/3/2023) sore, menyebabkan sejumlah lokasi, khususnya Desa Cijedil, dikepung banjir.

Baca Juga : Perum Bulog Cabang Cianjur Gelontorkan Beras Medium di Bogor Raya

Beberapa rumah warga di Gunung Lanjung, Desa Cijedil, Kecamatan Cugenang, mengalami kerusakan akibat banjir. Saat ini proses penanganan banjir telah dilakukan BPBD Kabupaten Cianjur.

Plt Kalak BPBD Cianjur, Dindin Awaludin mengatakan, rata-rata ketinggian air mencapai mata kaki hingga dengkul orang dewasa.

Air banjir pun masuk ke rumah warga, dan menyebabkan kerusakan pada tembok bangunan. “Rata-rata ada yang semata kaki ada juga yang lebih,” kata Dindin

Saat ini, proses evakuasi tengah dilakukan BPBD Cianjur. “Kami tengah melakukan proses evakuasi terhadap warga Kampung Gunung Lanjung,” ujarnya.

Mengenai data kerusakan rumah dan jumlah keluarga yang harus di evakuasi, Dindin belum dapat menyebutkan mengingat masih melakukan proses assesment. “Belum kami data, karena masih dilakukan proses penanganan,” kata dia.

Banjir juga merendam Jalan KH Abdullah Bin Nuh, Kelurahan Sawahgede, Kecamatan Cianjur.

Dikabarkan, hujan deras yang terjadi sejak sore hari itu, membuat drainase jalan tidak kuat menampung banyaknya air karena di duga tertutup sampah.

Akibatnya, kemacetan panjang pun terjadi. Terlebih kendaraan roda dua, tidak memaksakan untuk melintas. Tak sedikit angkutan umum mengalami mati mesin atau mogok.

Baca Juga : Bantu Korban Gempa Cianjur, KPI UIKA Bangun Shelter Hunian Sementara

Banjir juga terjadi di Kampung Munjul, Desa Gasol, Kecamatan Cugenang. Hujan deras membuat air sungai meluap dan menggenang di perkampungan serta pengungsian warga.

“Air sungai di Kampung Munjul meluap, ini kami sedang bahu membahu mencoba untuk evakuasi. Jadi saat ini masih dilakukan,” jelas Kades Gasol, Cucu kepada Radar Cianjur. (radar cianjur)

Editor : Yosep