25 radar bogor

Polbangtan Gelar Diskusi dan Literasi Tingkatkan Kompetensi Penyuluh

Polbangtan Bogor, menggelar Diskusi dan Literasi Kompetensi Penyuluh Pertanian, hasil kerjasama dengan DPD Perhiptani Kota Palembang, di Sedang Saja Resto, Minggu (12/3/2023) sebagai bentuk perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.
Polbangtan Bogor, menggelar Diskusi dan Literasi Kompetensi Penyuluh Pertanian, hasil kerjasama dengan DPD Perhiptani Kota Palembang, di Sedang Saja Resto, Minggu (12/3/2023).

PALEMBANG – RADAR BOGOR, Politeknik Pembangunan Pertanian atau Polbangtan Bogor, menggelar Diskusi dan Literasi Kompetensi Penyuluh Pertanian, hasil kerjasama dengan DPD Perhiptani Kota Palembang, di Sedang Saja Resto, Minggu (12/3/2023) sebagai bentuk perwujudan salah satu Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Baca Juga : Pulang Rimba, Kisah Mahasiswa Polbangtan ini Diangkat Jadi Film Dokumenter

Kegiatan yang mengusung tema Bukti Berkualitas Sertifikasi Profesi Penyuluh Pertanian itu, dihadiri oleh 30 orang penyuluh yang sebagian besar merupakan penyuluh Kota Palembang, dan beberapa penyuluh dari Kabupaten Ogan Ilir dan Kabupaten Banyuasin,

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk pengabdian dosen Polbangtan Bogor, untuk ikut serta meningkatkan kompetensi penyuluh pertanian, terutama bagi penyuluh yang akan mengikuti uji kompetensi penyuluh pertanian dalam waktu yang akan dilaksanakan oleh Biro Kepegawaian Kementerian Pertanian.

Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) mengatakan, penyuluh pertanian merupakan garda terdepan mewujudkan cita-cita Indonesia menjadi lumbung pangan.

“Kalian (penyuluh pertanian) adalah otaknya petani, pemegang manajemen pertanian di lapangan. Kalian yang menunjukkan mulai dari hulu ke hilir, mulai dari tanam sampai petik hingga jual,” ujar Menteri Pertanian, Syahrul Yasin Limpo.

Sementara itu, Dedi Nursyamsi, selaku Kepala BPPSDM Pertanian meminta generasi muda dapat mengambil peranan dalam pembangunan pertanian. Dedi optimistis kaum milenial yang inovatif dan memiliki gagasan yang kreatif akan mampu mengawal pembangunan pertanian yang maju, mandiri, modern.

“Seluruh program yang dirancang Kementan berpusat pada penguatan kapasitas SDM. Setiap insan pertanian khususnya Penyuluh terus berkarya dan berusaha membangun pertanian Indonesia, meningkatkan produksi, memperkuat rantai nilai dalam mendampingi petani,” jelas Dedi.

Mengawali kegiatan diskusi, Ketua Perhiptani Kota Palembang, Usman Apriadi, memberikan motivasi kepada para penyuluh terutama penyuluh yang akan mengikuti UKOM dalam waktu dekat,

“Terus semangat, jangan berputus asa, terus berusaha sebaik mungkin karena keberhasilan kita, Anda menjadi bagiannya.” kata Usman.

Yoyon Haryanto, selaku Wakil Direktur 3 Polbangtan Bogor menjadi narasumber pada kegiatan ini. Materi yang disampaikan diikuti dengan sangat antusias oleh para peserta.

Baca Juga : Dendeng Manihot, Olahan Daun Singkong Lezat Kreasi Mahasiswa Polbangtan 

Narasumber memberikan motivasi kepada peserta tentang pentingnya Sertifikasi Penyuluh Pertanian, tips dan trik agar UjiKom dapat dilalui dengan mudah dan berlabel Kompeten.

Melalui kegiatan ini, diharapkan penyuluh memiliki kemampuan literasi terhadap informasi pelaksanaan kompetensi penyuluh pertanian sehingga informasi yang ada dapat dimanfaatkan secara optimal dalam menghadapi UjiKom. (adv)

Pewarta: Ardianinda Wisda
Sumber: Polbangtan Bogor