25 radar bogor

Pertahankan Juara Umum, Pengprov IPSI Jawa Barat Uji Coba dengan Pesilat Banten dan Timnas SEA Games

Pencak silat
UJI COBA: Pesilat IPSI Jabar, Wildan (sabuk merah) sedang bertarung dengan pesilat Banten, Abdul Gofur (sabuk biru), di GOR Tri Lomba Juang Bandung, Senin (21/3). (IST)

BANDUNG-RADAR BOGOR, Menghadapi Pekan Olahraga Nasional (PON) Aceh dan Sumut 2024 mendatang, Penggurus Provinsi Ikatan Pencak Slat Seluruh Indonesia (Pengprov IPSI) Jawa Barat tidak main-main.

Untuk menjaga tradisi juara umum, Pengprov IPSi Jawa Baarat melakukan uji tanding yang bertajuk “Special Event Road to PON XXI” yang diikuti Tim Silat Banten dan Tim Nasional Pencak Silat yang akan berlaga di Sea Games XXXII Kaboja Mei mendatang.

Seperti diketahui, Pengprov IPSI Jawa BArat berhasil menjadi juara umum pada PON XX Papua lalu setelah berhasil menyabet 14 medali.Di antaranya 6 medali emas, 5 Perak dan 3 Perunggu.

Baca Juga : Dua Tahun Vakum karena Pandemi, Porseni Cabor Pencak Silat Diikuti Ratusan Pendekar Muda

Ketua Umum Pengprov IPSI Jabar, Phinera Wijaya mengatakan gelaran ini merupakan satu tahapan penting untuk menambah jam terbang para atlet sebelum bertarung di gelanggang sesungguhnya.

“Jadi ini kita kerjasama dengan KONI dan Pengprov Banten, juga tim Pelatnas untuk menggelar uji tanding ini,” kata Phinera saat ditemui usai membuka kegiatan uji tanding di GOR Tri Lomba Juang Bandung, Senin (20/3).

“Kalau bagi Jawa Barat ini adalah kegiatan yang sangat menguntungkan. apalagi menjelang dilakukannya Pelatda. Pelatih dapat menyusun program latihan berdasarkan hasil evaluasi. Sehingga latihan akan benar-benar spesifik dan target meloloskan seluruh atletnya pada Babak Kualifikasi PON XXI– 2024 akan dapat tercapai,” jelasnya.

Pantauan Radar Bandung (Radar Bogor Group), kegiatan ini turut dihadiri pula sejumlah nama atlet yang telah mengharumkan nama bangsa di kancah Internasional. Beberapa diantaranya yakni, Wewey Wita peraih medali emas pada Sea Games 2017 dan Asian Games 2018, serta Hanifan Yudani Kusumah peraih medali perunggu Sea Games 2017 dan medali emas Asian Games 2018.

Tim silat Jabar memang dikenal langganan jawara nasional pada ajang PON, juga kerap mengirimkan atletnya untuk mewakili Indonesia pada ajang Internasional seperti Sea Games dan Asian Games.

Pada PON XX di Papua lalu misalnya, tim Jabar berhasil menyabet juara umum. Selain itu, pada timnas yang diproyeksikan berjuang di Sea Games Kamboja, terdapat 6 dan 2 pelatih berasal dari Jawa Barat.

Sebab itu, ia berharap kegiatan uji tanding ini bisa betul-betul dimanfaatkan oleh para atlet dan pelatih agar bisa kembali meraih prestasi dan mengharumkan nama Jawa Barat dan Indonesia.

“Tentu harapan kami bisa kembali berprestasi, juara umum di PON Aceh tahun depan. Kita juga berharap timnas kita bisa juara umum di Sea Games Kamboja,” pungkasnya. (radar bandung)

Editor : Ruri Ariatullah