25 radar bogor

Musrenbang RKPD 2024, Plt Bupati Bogor: Pelayanan Masyarakat Dioptimalkan

Musrenbang RKPD 2024 di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin (20/3). (Radar Bogor/ Hendi Novian)

CIBINONG-RADAR BOGOR, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bogor bersama seluruh pemangku kepentingan melaksanakan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Bogor Tahun 2024.

Musrenbang dilaksanakan di Gedung Tegar Beriman, Cibinong, Senin (20/3). Acara dihadiri oleh pimpinan dan sejumlah anggota DPRD Provinsi Jawa barat, Bappeda Provinsi Jawa Barat, DPRD Kabupaten Bogor serta Forkopimda Kabupaten Bogor.

Baca Juga: Boling ke Kecamatan Rancabungur, Iwan Janji Prioritaskan Aspirasi Warga

Plt Bupati Bogor, Iwan Setiawan mengatakan, penyusunan RKPD Tahun 2024 ini melibatkan seluruh unsur stakeholder terkait yang telah ditetapkan dalam Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2026.

“Walaupun bukan bagian dari visi dan misi kami sebagai kepala daerah pasca berakhirnya RPJMD 2018-2023, namun RPD sebagai pedoman penyusunan RKPD diharapkan pelayanan terhadap masyarakat tetap berjalan,” ujar Iwan Setiawan dalam sambutannya.

Iwan memaparkan, penyusunan RKPD Tahun 2024 ini menitikberatkan kepada optimalisasi kinerja pemerintah dalam pelayanan publik.

Di samping program-program kegiatan pembangunan yang perlu dituntaskan maupun dilanjutkan, akan dimasukkan ke dalam RAPBD hingga penyusunan APBD Tahun 2024.

“Dalam hal ini bagaimana pelayanan terhadap masyarakat lebih dioptimalkan. Jadi semangatnya adalah pelayanan kepada masyarakat,” jelasnya.

Di akhir masa jabatannya, Iwan meminta dukungan dari semua pihak khususnya DPRD Kabupaten Bogor untuk dapat mengawal penyusunan APBD agar berjalan tepat waktu.

“Mudah-mudahan saya bisa mengawal sampai ditetapkan APBD Tahun 2024 pada tanggal 30 November 2023 bisa kami laksanakan,” tutur Iwan Setiawan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappeda Litbang) Kabupaten Bogor, Suryanto Putra menerangkan, musrenbang merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan dalam rangka membahas Rancangan RKPD Kabupaten Bogor, untuk disepakati bersama secara substansi oleh seluruh pemangku kepentingan yang hadir.

“Musrenbang RKPD Tahun 2024 merupakan tahun awal dari Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2024-2026 yang disusun sebagai pedoman perencanaan selama belum dilantiknya kepala daerah definitif,” papar Suryanto Putra.

Menurutnya, ada tiga hal yang menjadi fokus dalam penyusunan RKPD Tahun 2024 yakni, Stabilisasi Ekonomi Daerah; Peningkatan Tata Kelola Pelayanan Publik, Kinerja Aparatur, dan Penataan Administrasi; dan Pemenuhan Sarana dan Prasarana Pemerintah Daerah.

“Semua program pembangunan tetap berjalan, hanya kami fokus pada pelayanan publik dengan prioritas salah satunya stabilitas ekonomi daerah. Karena capaian ekonomi saat ini Kabupaten Bogor semakin baik pasca pandemi Covid-19,” ucapnya.

Usai pemaparan oleh Kepala Bappedalitbang Kabupaten Bogor, acara dilanjutkan dengan talkshow berbasis tema dengan narasumber Kepala Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia Bappeda Provinsi Jawa Barat, Idam Rahmat tentang Prioritas dan Arah Kebijakan Pembangunan Jawa Barat di Kabupaten Bogor Tahun 2024.

Baca Juga: Pekan Depan, Proyek Pembangunan Jembatan Otista Bogor Siap Dilelang

Kemudian Asisten Penerimaan dan Verifikasi Laporan Ombudsman RI Perwakilan Jakarta Raya, Olvi Lusianti Dewi tentang Pentingnya Pengawasan Pelayanan Publik di Kabupaten Bogor.

Serta Kasubdit Peningkatan Kapasitas Daerah, Direktorat Evaluasi Kinerja dan Peningkatan Kapasitas Daerah, Direktorat Jenderal Otonomi Daerah, Salman Al Farisi tentang Peningkatan Kapasitas dan Kinerja Kabupaten Bogor dalam Pelayanan Publik.(*)

Reporter: Septi Nulawam
Editor: Imam Rahmanto