25 radar bogor

Hujan Deras, Empat Titik Bencana Terjadi di Kota Bogor

Pohon tumbang di Kota Bogor yang diisebabkan hujan lebat, Senin (20/3). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Bogor mencatat empat kejadian bencana yang terjadi di wilayah Kota Bogor, Senin (20/3).

Bencana yang tercatat hingga pukul 16:48 WIB ini didominasi kejadian bencana tanah longsor dan pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang yang melanda Kota Bogor.

Tanah longsor terjadi di Kampung Tangkil Wetan, RT 02/05, Kelurahan Katulampa, Bogor Timur.

Material tebingan dengan tinggi 6 meter dan lebar 10 meter itu dampaknya menutupi selokan warga.

Baca Juga: Hujan Deras, Sembilan Titik Bencana Terjadi di Kota Bogor

Kemudian, tanah longsor juga menimpa Kampung Lebak Kantin RT 03/05, Kelurahan Sempur, Kecamatan Bogor Tengah. Longsoran tebingan dengan setinggi 5 meter dan lebar 3 meter yang membawa rumpun bambu ini menyebabkan jalan warga tertutup.

“Untuk kejadian bencana tanah longsor sudah dilakukan penanganan. Material longsoran sudah dibersihkan secara kerjabakti oleh warga setempat,” kata Kepala BPBD Kota Bogor, Theofilo Patrocinio Freitas.

Lalu, ada juga pohon tumbang di depan Gedung Telkom OPMC Bogor, Jalan Raya Pajajaran. Pohon jenis sapu setinggi 8 meter dan diameter 50 cm itu menutupi trotoar hingga menimpa tiang dan kabel milik PLN serta Telkom.

Sementara, titik bencana lainnya adalah tanah longsor tebingan setinggi 15 meter dan lebar 7 meter yang berada di pinggir Sungai Cisadane.

Tanah longsor ini menimpa tanah milik Ruslan yang dihuni 1 KK dan 4 Jiwa. Dampaknya material longsoran membawa rumpun bambu jatuh ke aliran Sungai Cisadane sehingga mengganggu aliran air Sungai Cisadane.

“Kejadian ini terjadi akibat hujan deras disertai tiupan angin kencang. Dan saat ini TRC PB BPBD Kota Bogor sudah melakukan assesment di lokasi kejadian,” tandas Theo.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto