25 radar bogor

Bulan Depan, Ajang Bogorku Bersih 2023 Siap Dimulai

Pembukaan ajang Bogorku Bersih 2023 di Hafa Coffee and Resto, Senin (20/3) malam. (Radar Bogor/ Sofyansyah)

BOGOR-RADAR BOGOR, Kompetisi kebersihan Bogorku Bersih bakal kembali digelar tahun ini. Ajang yang telah berlangsung sejak tahun 2016 ini akan dimulai, April mendatang.

Penanggung Jawab Bogorku Bersih, Hazairin Sitepu mengatakan, pada tahun ini akan membuka item penilaian dan rumusan kategori baru dengan harapan dapat semakin memberikan kemaslahatan dan keberlanjutan bersihnya Kota Bogor.

Baca Juga: Torehkan Piala Adipura, Bima Arya Apresiasi Event Bogorku Bersih

“Bogorku Bersih sudah melibatkan ratusan ribu orang dan diikuti sekitar 600 RT. Ini artinya tekad masyarakat berpartisipasi Bogorku Bersih luar biasa. Bahkan ajang ini sudah lirik dan distudikan oleh kota lain,” ucapnya dalam pembukaan Bogorku Bersih 2023 di Hafa Coffee and Kitchen, Senin (20/3).

Hazairin berharap, ke depan masyarakat tidak habya melihat ajang Bogorku Beraih pada perspektif kebersihan saja, melainkan ide besar yang dapat memperkokoh nilai Indonesia. Sebab ajang tersebut sudah melibatkan banyak kebersamaan dari seluruh lapisan masyarakat.

Bahkan ia menilai, ajang ini dapat menjadi jalan bagi Pemerintah Kota Bogor menemukan potensi wilayah yang dapat menjadi destinasi wisata baru, seperti halnya wilayah Mulyaharja.

“Kami berharap gerakan yang didedikasikan untuk masyarakat dapat terus berkontribusi pada kehidupan kota. Tidak hanya lingkungan bersih namun juga mengedukasi masyarakat dan memicu gerakan-gerakan lainnya,” ucap Hazairin.

Anggota Komisi III Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Bogor, Safrudin Bima mengapresiasi rencana bergulirnya kembali ajang Bogorku Bersih.

Ia melihat kompetisi kebersihan itu menjadi konsep brilian yang dapat menunjang Pemkot Bogor sehingga lebih maju terutama soal penanganan masalah kebersihan.

“Ini menjadi kontribusi kami sebagai warga negara. Saya akan meneguhkan konsep ini karena Kota Bogor butuh usaha seperti ini. Karena Bogorku Bersih lahir dari kesadaran yang hebat,” tutur Safrudin.

Perwakilan Bogor Sahabats (Bobats), Awaluddin Sarmidi berpendapat ajang Bogorku Bersih banyak memberikan kontribusi pada raihan Adipura yang diterima Kota Bogor.

Baca Juga: Selalu Bawa Pulang Juara, RW 07 Empang Ketagihan Bogorku Bersih

“Saya harap torehan ini menjadi momentum peningkatan masyarakat agar lebih cinta pada kebersihan,” ujarnya. (*)

Reporter: Reka Faturachman
Editor: Imam Rahmanto