25 radar bogor

SDIT Ar Rohmaniyah Wisuda 179 Penghafal Alquran

SDIT Ar Rohmaniyah kembali menggelar Wisuda Tahfidz Quran VIII, Minggu (19/3). (Radar Bogor/ Dede Supriadi)

BOGOR-RADAR BOGOR, SDIT Ar Rohmaniyah kembali menggelar Wisuda Tahfidz Quran VIII. Tercatat 179 siswa yang terdiri dari kelas 1 hingga 6 diwisuda di lapangan SMPIT Ar Rohmaniyah, Kelurahan Mekarwangi, Tanah Sareal, Kota Bogor, Minggu (19/3).

Kepala SDIT Ar Rohmaniyah Hasbullah mengatakan, wisuda tahfiz ini merupakan agenda tahunan sekolah. Itu sebagai apresiasi bagi siswa yang berhasil mencapai target hafalan Alquran. Sebelum dinyatakan lulus, para siswa diuji terlebih dahulu hafalannya.

Baca Juga: Sambut Ramadan, Sekolah Quran Asy Syahid Cucurak Bersama Masyarakat

“Salah satu ciri khas siswa kami adalah memiliki hafalan Alquran. Targetnya minimal dua juz yang harus dihafal siswa ketika lulus,” kata Hasbullah.

Menurut dia, sebanyak 179 siswa mengikuti wisuda, rinciannya Juz 30 berjumlah 144 siswa, Juz 29 berjumlah 27 orang, Juz 28 berjumlah delapan orang, dan terakhir Juz 1 berjumlah dua orang.

“Ada peningkatan dari tahun ke tahunnya, karena dari jumlah siswa kita 778 cukup luasa biasa, dan rata-rata pada tahun ini kelas 1, dan 2 sudah selesai hafalan Juz 30 dan Juz 29,” ucap dia.

Diharapkan dengan kegiatan wisuda ini dapat meningkatkan motivasi siswa dalam mempelajari Alquran. Selain itu, dapat mengembangkan potensi siswa dalam menghafal Alquran hingga membentuk kepribadian muslim yang cinta Alquran dan mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

Diakui Hasbullah, saat ini masih sedikit sekolah yang menerima lulusan Hafidz Quran. “(Memang) kalau ke Ponpes ada Japres hafiz Alquran, tetapi minimal anak-anak sudah terbiasa dengan Ahlak Islami, itu yang membedakan,” imbuh Hasbullah.

Sejak awal mereka masuk SDIT Ar Rohmaniyah, mereka digembleng hafalan Alquran dengan mengikuti Murojaah selama 30 menit dan kurikulum pembelajaran yang diterapkan adalah dengan satu guru menangani 10 anak.

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Bogor Atang Trisnanto yang menghadiri kegiatan tersebut mengapresiasi SDIT Ar Rohmaniyah yang berupaya mencetak generasi Qurani di tengah banyaknya kekerasan pelajar dan kenakalan remaja.

Baca Juga: Soal Tawuran Antar Pelajar, KPAD: Tindakan Sistematis dalam Organisasi

“Ternyata (masih) banyak sekolah yang melahirkan generasi yang menentramkan jiwa dan Insyaallah menjadi harapan kita semua,” pungkasnya.(*)

Reporter: Dede Supriadi
Editor: Imam Rahmanto