25 radar bogor

Sampah Menumpuk Tutup Separuh Jalan, Camat Parung Terjunkan Alat Berat

Camat Parung beserta jajaran membersihkan sampah yang menutupi badan jalan di Simpang parung, Sabtu (18/3). (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

PARUNG-RADAR BOGOR, Area sekitar Pasar Parung dibersihkan total, Sabtu (18/3). Aksi itu sebagai mengatasi sampah yang sudah mengganggu dan menumpuk di pinggir jalan.

“Semua menyadari bahwa sampah yang menumpuk apalagi sampai membusuk suatu hal yang mengganggu. Tetapi penumpukan sampah tidak akan terjadi jika kita semua bertanggung jawab akan persoalan sampah minimal sampah dilingkungan sendiri,” ungkap Camat Parung, Adi Henryana.

Baca Juga: Setahun Direvitalisasi, Pasar Parung Panjang Resmi Dibuka

Aksinya itu diprakarsai menjadi bagian Gerak Urus Sampah (GERUS). Mereka sekaligus membabat sampah di Simpang Parung atau yang terkenal dengan area Pohon Jubleg.

“Sampah yang menggunung dibuang oleh orang yang tidak bertanggung jawab menyebabkan hampir setengah badan jalan tertutup dan menghasilkan bau yang tak sedap,” ucapnya.

Dia menambahkan, pihaknya berkoordinasi dengan dinas terkait. Alat berat berasal dari Dinas PUPR, 10 Unit Dump Truck dari DLH, dan pembersihan oleh Damkar Sektor Parung.

“Lokasi tersebut ke depannya akan dibuat posko bersama guna untuk memudahkan koordinasi dan pemantauan langsung, sehingga tidak ada lagi orang yang membuang sampah,” tegasnya.

Pelaksanaan bebersih sampah itu sempat membuat kemacetan. Oleh karena itu, personel Dishub, Polsek Parung, dan Koramil Parung juga membantu upaya rekayasa lalu lintas. (*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto