25 radar bogor

Jelang Hari Raya Nyepi, Graha Selaras Sentul Pawai Ogoh-ogoh

Suasana pawai ogoh-ogoh dengan start dari depan kantor marketing Graha Selaras Sentul, Minggu (19/3). (Radar Bogor/ Omer Ritonga)

SUKARAJA-RADAR BOGOR, Umat Hindu akan menyambut hari raya Nyepi Tahun Baru Saka 1945/2023. Masyarakat di Perumahan Graha Selaras Sentul pun menggelar pawai ogoh-ogoh.

Akhir pekan lalu, warga yang ada di sekitar perumahan menggelar pawai ogoh-ogoh. Tak hanya itu, nuansa Nyepi juga sudah mulai terasa di sekitar wilayah perumahan itu.

Baca Juga: Bawaslu Warning Parpol-Bacaleg Tidak Eksploitasi Ramadan

Sejumlah penjor menghiasi sisi kiri dan kanan. Ada pula ornamen-ornamen dan hiasan khas Bali yang terpasang di kompleks perumahan, baik di bagian pohon yang terpasang kain poleng maupun di bagian lainnya.

Manager Marketing PT Kesuma Agung Selaras (KAS), Dede M. Yusuf mengatakan, gebyar seni Tahun Baru Saka merupakan kegiatan yang pertama kali digelar di komplek perumahan.

Dengan pawai ogoh-ogoh tersebut, PT KAS mengajak warga untuk lebih menghargai dan menerima perbedaan yang ada pada masyarakat.

“Kami mau menjaga dan menanamkan rasa toleransi warga perumahan. Termasuk untuk perayaan-perayaan agama lain,” ungkap Dede.

Perumahan itu juga dilengkapi dengan rumah ibadah. Awal Maret lalu, pihaknya meresmikan masjid sehingga warga perumahan bisa beribadah, termasuk salat Jumat dan salat tarawih pada Ramadan mendatang.

Dede menambahkan, antusiasme masyarakat juga sangat baik dengan adanya pawai ogoh-ogoh. Lantaran menjadi hiburan warga pada akhir pekan.

Baca Juga: Warga Perumahan Graha Selaras Cibinong Bangun Masjid AL-Iman

“Gak perlu ke Bali. Di komplek ada pawai ogoh-ogoh,” ujar warga yang menyaksikan pawai, Nani. Ia berharap akan ada perayaan lain yang bisa menghibur warga. (*)

Reporter: Omer Ritonga
Editor: Imam Rahmanto