25 radar bogor

17 Siswa SMA Positif Narkotika Jenis Tembakau Sintetis

Ilustrasi 17 siswa SMA positif narkotika
Ilustrasi 17 siswa SMA positif narkotika

BANDUNG-RADAR BOGOR, Sebanyak 17 siswa SMA di Kabupaten Bandung Barat (KBB), terbukti positif menyalahgunakan narkotika jenis tembakau sintetis.

Kepala Satuan Reserse Narkoba Polres Cimahi AKP Kusmawan mengatakan, sebelumnya polisi mengamankan 38 tersangka penyalahgunaan tembakau sintetis. Dari 38 tersangka itu, 17 di antaranya merupakan pelajar yang masih aktif dan di bawah umur.

”Dari kasus itu ada tiga linting (tembakau sintetis) barang bukti, tapi 17 siswa itu kategorinya penyalah guna semua,” kata Kusmawan.

Baca Juga : Pemotor Tewas Akibat Jalan Rusak, Bima Arya : Ini Tanggung Jawab Saya

Kusmawan menjelaskan, pengungkapan 17 siswa SMA itu bermula dari laporan masyarakat yang menyampaikan terkait peredaran narkotika di wilayah hukum Polres Cimahi.

Kemudian polisi mengamankan 38 orang pada Senin (13/3/2023) di berbagai tempat.  ”Kemudian 38 orang itu dilakukan tes urine dan hasilnya positif,” papar Kusmawan.

Para pelaku yang diamankan itu, kata dia, mengaku mendapatkan barang terlarang itu dari penjualan secara daring. Lalu diketahui dari 38 orang yang diamankan itu, 17 orang merupakan pelajar. Sebagian besar merupakan siswa dari salah satu SMAN.

”Itu siswa ada yang kelas 2 dan kelas 3 SMA. Jadi 17 siswa SMA itu bercampur, nggak semuanya dari sekolah yang sama,” terang Kusmawan.

Setelah mengetahui 17 orang itu merupakan pelajar, Kusmawan mengatakan, pihaknya langsung berkoordinasi dengan orang tua masing-masing.

Baca Juga : Maraton Jabar Run 10K, Ruas Jalan Ini Akan Ditutup Sementara

Karena 17 siswa SMA itu merupakan penyalah guna, dia menambahkan, mereka dirujuk untuk dilakukan rehabilitasi.

Pihaknya pun telah berkoordinasi dengan sekolah untuk memberitahukan jika siswanya itu bakal direhabilitasi. ”Jadi dari 38 itu, 17 pelajar, dan sisanya pengangguran dan sipil biasa. Semuanya laki-laki,” ucap Kusmawan. (jpg)

Editor : Yosep