25 radar bogor

Tingkatkan Literasi Digital, Kementerian Kominfo Dorong Masyarakat Bijak Gunakan Internet

ilustrasi literasi digital
ilustrasi literasi digital

BOGOR-RADAR BOGOR, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), bersama Dewan Perwakilan Rakyat (DPR), berharap masyarakat, terus meningkatkan literasi digital, agar menjadi orang yang cakap serta bijak memanfaatkan media digital.

Kominfo bersama DPR pun kembali menggelar webinar Ngonrol Bareng Legislator dengan tema; ‘Dampak Literasi Digital Terhadap Perkembangan Ekonomi’ pada Jumat, 17 Maret 2023.

Anggota Komisi I DPR RI, Krisantus Kurniawan mengungkapkan, kemajuan teknologi dalam berbagai bidang, tidak bisa dilepaskan, dari adanya pengetahuan dalam literasi digital.

Sehingga, literasi digital kini menjadi topik yang banyak dibahas, untuk memajukan pengetahuan masyarakat pada dunia digital.

“Literasi digital membuat kita menjadi orang yang cakap, dan bijak dalam memanfaatkan media digital,” kata Krisantus.

Dirjen Aplikasi Informatika Kementerian Kominfo, Semuel Abrijani Pangerapan menilai, dampak pandemi Covid-19 dibarengi pesatnya perkembangan teknologi, telah mengubah cara manusia dalam beraktivitas maupun bekerja.

“Kehadiran teknologi sebagai bagian dari kehidupan masyarakat inilah yang semakin mempertegaskan kita sedang menghadapi era disubsi teknologi,” kata dia.

Untuk menghadapi hal tersebut, kita semua harus mempercepat kerjasama kita dalam mewujudkan agenda trasnformasi digital Indonesia. Bersama-sama wujudkan cita-cita bangsa Indonesia dengan menjadikan masyarakat madani berbasis teknologi,” kata Semuel.

Sementara Dosen Prodi Psikolog Fakultas Kedokteran Universitas Andalas, Rozi Sastra Purna juga mengajak masyarakat mengisi ruang-ruang digital sebagai ruang berbudaya, belajar dan berinteraksi.

“Mari mengisinya dan menjadikannya sebagai ruang yang berbudaya, tempat kita belajar dan berinteraksi, tempat anak-anak kita bertumbuh kembang, sekaligus tempat dimana kita sebagai bangsa, hadir dengan martabat,” jelasnya.

Kemudian, Station Manager Ganie Radio Simalungun Sumatera Utara, Meli Supiyati menilai, saat ini pekerjaan yang sedang tren pun tidak jauh-jauh dari penggunaan teknologi digital.

Seperti penulis, spesialis media sosial, pengembang aplikasi, editor, ilustrator, animator, serta toko online.

“Ini sangat menguntungkan dalam mengembangan karir, karena kita dapat menghemat waktu dan banyak promosi, jangkauan pasar yang lebih luas, kolaborasi dan relasi lebih dinamis dan data lebih terukur,” kata dia.

Sehingga literasi digital dianggap penting, saat menyelam di dunia digital seperti sekarang ini. (ran)

Editor: Rany