25 radar bogor

Jelang Ramadan, Aliansi Jurnalis Bogor Sisir Jalanan Ciawi – Cisarua

Aliansi Jurnalis Bogor (AJB) menggelar aksi sosial di sepanjang jalan Ciawi hingga Cisarua, Jumat (17/3). (Radar Bogor/ Jaenal Abidin)

CIAWI-RADAR BOGOR, Ada banyak cara dilakukan untuk berbuat kebaikan dalam rangka menyambut bulan Ramadan. Salah satunya, puluhan wartawan yang tergabung dalam Aliansi Jurnalis Bogor (AJB) menggelar aksi sosial, Jumat (17/3).

Aksi sosial itu menyassar masyarakat golongan menengah ke bawah. Mulai dari pemulung, pengamen, hingga badut yang berada di sepanjang jalan raya Ciawi, Gadog, hingga Megamendung.

Ketua AJB, Suhanda Abrizi mengakui, aksi itu bertujuan untuk meningkatkan rasa sosial para jurnalis. Mereka sekaligus membantu masyarakat yang membutuhkan uluran tangan.

“Kami ingin berbagi jelang bulan puasa bersama kawan-kawan dari jurnalis, yang tergabung dalam AJB,” ucapnya.

Alhasil, sebanyak 53 orang yang sempat mendapatkan bantuan dari AJB. Mereka menyisir dari kawasan Ciawi hingga Cisarua.

Salah satunya, Idah (56), seorang pengemis di jalan raya Pasir Angin. Ia sempat terkejut ketika rombongan motor para jurnalis berhenti di pinggir jalan.

Saat mendekat, dirinya kaget menerima amplop putih serta nasi kotak.

“Saya kaget pas ada rombongan motor berhenti dekat saya, tapi pas mendekat mereka memberikan saya sebuah amplop berisikan uang dan nasi kotak,” kata Ida.

Hal serupa diamini oleh Agus (60), seorang pemulung yang biasa mengais rejeki dari tempat sampah di sepanjang jalur Puncak. Ia sangat berterima kasih telah mendapat rezeki itu.

“Alhamdulilah, saya sangat berterima kasih dan sangat membantu buat keluarga saya,” katanya.(*)

Reporter: Jaenal Abidin
Editor: Imam Rahmanto