25 radar bogor

Kerjasama dengan SMK Wikrama, Pemkab Kukar Fasilitasi Pendidikan Gratis

SMK Wikrama
SMK Wikrama Kota Bogor, menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kertanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur, untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang terampil.

BOGOR-RADAR BOGOR, SMK Wikrama Kota Bogor, menjalin kerjasama dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kertanegara (Kukar), Provinsi Kalimantan Timur, untuk mencetak sumber daya manusia (SDM) yang terampil dalam teknologi, berahlak mulia, unggul, dan berbudaya.

Bupati Kutai Kertanegara Edi Damansyah mengatakan, kerja sama pengembangan SDM ini melibatkan tiga pihak, yakni Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara, para pengusaha yang tergabung dalam forum tanggung jawab sosial di Kutai Kertanegara, dan SMK Wikrama.

“Kami mengirim anak-anak SMP Kertanegara untuk melakukan studi di SMK Wikrama, karena memang SMK ini kan punya kekhususan,” kata Edi.

Menurut dia, salah satu fokus Pemkab Kutai Kertanegara adalah visi Kukar Idaman. Filosofinya adalah pembangunan Kukar Idaman secara epimologi sesuatu yang dicita-citakan, diharapkan dan diinginkan.

Sehingga dijelaskan Edi, secara termonologi idaman itu inovatif, daya saing dan mandiri, sehingga Kukar idaman ini berupaya mewujudkan harapan-harapan masyarakat, cita-cita masyarakat, dan juga menjadikan kabupaten ini inovatif, berdaya saing, dan mandiri.

“Nah, di dalam filosofi Kukar idaman ini, fokus kerja kami adalah pembangunan manusia. Sumber daya manusia yang berahlak mulia, unggul dan berbudaya,” jelas dia.

Edi menuturkan, implementasi visi Kukar idaman dari sisi pembangunan manusia yang berahlak, salah satunya adalah bagaimana ilmu agama juga harus dilakukan pembelajaran dengan baik.

Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara telah mempelajari beberapa lembaga pendidikan dan bertemu SMK Wikrama, dengan berbasis pendidikan karakter serta ilmu pengetahuan.

Dengan pertimbangan itu, cita-cita Kutai Kertanegara mengenai pembambangunan manusia, maka pemerintahannya menetapkan kerja sama dengan SMK Wikrama. “Sudah ada anak Kutai Kertanegara yang sekolah di SMK Wikrama di Garut. Jadi nanti akan kami teruskan,” kata dia.

Edi menuturkan, pola pengembangan kerja sama antara Pemkab Kutai Kertanegara dengan para pengusaha dalam memfasilitasi anak-anak lokal bersekolah di luar daerah yakni berbagi tanggung jawab pembiayaan.

“Jadi pembiayaanya, ditanggung para pengusaha perusahaan batu bara maupun kelapa sawit. Tetapi, mengutamakan putra putri yang ada di ring satu konsesi mereka. Ada kriteria lokal di sana, ada persyaratan,” ucap dia.

Sementara itu, Pembina Yayasan Wikrama Itasia Dina Sulvianti yang juga dosen statistik di IPB University menyatakan, siap berkolaborasi dengan Pemerintah Kabupaten Kutai Kertanegara dalam hal mencetak SDM yang unggul dan berahlak.

“Di sini yang unggul, selain memang berbasis teknologi dan ilmu pengetahuan adalah ahlak yang kami bangun. Tenaga pendidik mendidik dengan hati, anak-anak salat tepat waktu. Dan ini yang menjadikan mereka unggul dalam dunia kerja, ada kedisiplinan dan kemandirian dan budi pekerti yang baik,” katanya.

Ita berkomitmen mendorong siswa-siswinya terus berinovasi, seperti saat ini sedang menggarap baterai motor listrik yang dapat memiliki daya tahan lama dan jarak tempun yang jauh.

Dalam proses pendidikannya, kata Ita, mereka didik untuk disiplin dan tekun dalam lingkungan belajar yang berahlak. “Banyak lulusan kami yang sudah jadi CEO atau memiliki gaji puluhan juta, karena bekerja dengan ahlak yang baik,” tukas dia. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep