25 radar bogor

KA Pangrango Kembali Beroperasi, Kecepatan Dibatasi 10 KM Per Jam

KA Pangrango
KA Pangrango Bogor-Sukabumi kembali beroperasi hari ini Kamis (16/3/2023).

BOGOR-RADAR BOGOR, PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daop 1 Jakarta, memastikan KA Pangrango Bogor-Sukabumi dapat kembali beroperasi pada Kamis (16/3/2023).

Kepala Humas KAI Daop 1 Jakarta Eva Chairunisa mengatakan, Tim Prasarana PT KAI Daop 1 bersama DITJENDKA Kemenhub, sejak semalam terus melakukan upaya perkuatan struktur jalur rel di jalur hilir, atau di jalur yang tidak terdampak longsoran.

Setelah sejumlah upaya percepatan perbaikan jalur rel terdampak longsor di antara Bogor Paledang-Batu Tulis, KA Pangrango Bogor-Sukabumi kembali beroperasi melayani penumpang, pada Kamis (16/3/2023).

Menurut dia, sebelum diputuskan operasional KA Pangrango benar-benar aman dilintasi, beberapa kali uji coba dilakukan dengan menjalankan lokomotif.

“Dan terakhir tadi pagi dilakukan uji coba kembali dengan pemberangkatan kereta dari (arah) Stasiun Sukabumi. Dan hasilnya dari pantauan lapangan, secara keseluruhan jalur tersebut aman untuk dilintasi KA Pangrango,” ucap dia.

Kemudian, dilanjutkan Eva setelah perjalanan KA Pangrango berhasil dilakukan uji coba, maka operasional selanjutnya masih ada lima KA perjalanan untuk hari ini.

“Pada saat melalui jalur yang masih terdapat perbaikan longsoran, ada pembatasan kecepatan perjalanan KA, 10 kilometer per jam,” papar dia.

Selain fokus pada penguatan struktur di jalur hilir yang tidak terdampak longsor, untuk pekerjaan perbaikan jalur rel yang menggantung karena terdampak longsor sepanjang 25 meter, dimulai hari ini secara bertahap. “Dan mungkin proses pekerjaan akan berlangsung sekitar 1-2 hari ke depan,” jelas Eva.

Terakhir, jalur rel terdampak longsor yang sempat menggantung di area KM 2+6/7 antara Stasiun Paledang dan Batu Tulis, nantinya setelah selesai dilakukan tahapan-tahapan pekerjaannya, akan dilakukan uji coba terlebih dahulu. “Jadi pengguna jasa yang sudah memiliki tiket, tidak perlu membatalkan tiketnya,” imbuh dia.

“(Sedangkan) untuk yang membatalkan tiket, pembatalan hanya dilakukan pada satu KA pertama yang keberangkatan dari Sukabumi,” sambung dia.

Eva juga menuturkan, mengenai informasi keberangkatan, akan diberikan melalui pesan singkat ke nomor kontak yang telah dicantumkan saat melakukan transaksi tiket. (ded)

Reporter : Dede Supriadi
Editor : Yosep